Monday 8 February 2021

Materi Advertisement (Iklan)




Kita sering mendengar berbagai tayangan iklan di sekitar kita. Ada yang lewat televisi, radio, surat kabar, majalah, internet dan lain sebagainya. Kini merambah ke facebook, instagram dan media sosial lain yang bisa dimanfaatkan untuk iklan. Mereka biasanya menggunakan jargon-jargon yang menarik sehingga kita sebagai pembaca, pendengar dan penyimak iklan menjadi tertarik. Bahkan sebagian besar dari kita menjadi hafal dengan iklan tersebut.

Advertisement (disingkat menjadi Ads). Advertisement bertujuan untuk mengumumkan sesuatu agar banyak orang tertarik untuk membelinya atau menggunakannya dan tentu menambah kepopuleran dari produk tersebut. Iklan bisa berupa tulisan, Lisan, maupun Audio-Visual yang sering kita lihat di TV.

Apa saja fungsi dari iklan itu? Ada beberapa fungsi iklan yang dapat dijelaskan di sini, yakni :
  • Giving an information = Advertisement tentu memberikan informasi kepada konsumen tentang apa-apa hal tentang produk/jasa yang akan dijual.
  • To influence or to persuade = Sebuah Advertisement berfungsi untuk membujuk atau mempengaruhi seseorang untuk membeli barang atau jasa yang terdapat pada Advertisement. Tentu dengan menggunakan kata-kata yang menarik dan kreatif hingga membuat orang-orang ingin membelinya.
  • To give the impression : Dengan memperkenalkan produk kita ke orang lain maka orang-orang akan mempunyai kesan tersendiri dengan Advertisement yang kita pasang, contohnya Advertisement-nya yang menarik, lucu, mudah diingat, bahkan sampai terbawa ke kehidupan sehari-hari.
  • Communication tool = Advertisement bisa menjadi alat komunikasi yang baik antara penjual dan pembeli secara tidak langsung. Jadi ketika calon pembeli melihat Advertisement suatu produk dan merasa tertarik maka dia pasti akan membeli produk tersebut kepada penjual.

The purpose of the advertisement/Jadi intinya iklan bertujuan untuk:
  1. to persuade people to buy atau to use the products. (membujuk pembaca untuk membeli atau menggunakan porduk yang diiklankan)
  2. to promote the products/services. (untuk mempromosikan suatu produk/jasa).
  3. to promote activities.
  4. to persuade people to join in activities.
Ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam iklan antara lain:
1. Simple/ sederhana
2. Clear/jelas
3. Short/singkat
4. Attractive/menarik
5. Persuasif/membujuk
6. Adanya slogan

Iklan meliputi dua hal yaitu:
a. product advertisements (Iklan produk)
example: Food and beverage/makanan dan minuman
            : Beauty products/ produk kecantikan
            : Furniture/ barang-barang perlengkapan rumah
            : Buku, kamus dll
            : Vehicles/kendaraan bermotor
b. service advertisement (Iklan jasa)
Example :Car-rental/persewaan mobil
             : Courses/kursus dan pelatihan
             : Hotels/hotel
             : Restaurants
C. Job vacancy ( lowongan pekerjaan)
d. Events/Kegiatan -Kegiatan
             : Book Fair/ Pameran buku
             : Competition/contest/lomba
             : School activities 
Berikut beberapa contoh iklan yang bisa kita temui dan lihat di media massa. Kita akan mencoba menganalisisnya.

Product : Food
Purpose : to buy the products.
Web product: WWW.CHEF4YOU.COM
PHONE: 2267098823
Address: 1632829 William Lane, Wichita

Gambar: justnurry.wordpress.com

Gambar: IndiaMart
Gambar: AdvertGallery

Gambar: Pinterest


Untuk mengecek pemahaman kalian terhadap materi advertisement silahkan kalian coba kerjakan soal tentang advertisement pada link berikut.



No comments:

Post a Comment

Puisi: Rangkaian Cinta untuk Semua

  Uniknya Cinta  Oleh Suyati Andaikan dapat terkatakan  Cinta ini untukmu  Tak pernah lekang tak pernah berkurang  Mengharapmu penuh berkah ...