Saturday 6 February 2021

Descriptive Texts : Describing Things

Sumber: Youtube

Assalamu'alaikum wr wb. Good morning everyone. Hari ini kita akan belajar descriptive text tentang benda. Apakah kalian memiliki barang-barang yang istimewa, special dan memiliki banyak kenangan? Mungkin buku, tas, sepatu, foto, dan masih banyak lainnya. Nah kita kan mencoba menceritakannya dengan menggunakan descriptive text ya? Masih ingat apakah descriptive text itu? Benar. Descriptive Texts adalah teks yang menggambarkan atau mendeskripsikan sesuatu secara spesifik dan detail.

Nah apa saja yang bisa kita ceritakan dari benda kesayangan kita? Kita bisa mendeskripsikan warnanya, bentuknya, asal dari mana kamu peroleh, apa saja keistimewaan benda kesayanganmu, ukuran benda, bahannya, dan lain sebagainya.



Ok kita lihat contohnya dulu ya?

My Teddy Bear

I have a favorite doll. It is an original Teddy Bear from America. Aunt Lily gave it to me last year when she returned from her business trip in New York. I was very happy. I put it on a cabinet next to my bed. Sometimes I use it as a pillow.

My Teddy Bear is very big, and the colour is brown. It is about 150 centimeters tall and the width is about 50 centimeters. When I put it on my bed it will occupy half of it. It is almost as big as my body. It is made of typical kind of fabric called rasfur. The head is round with the size of 25 centimeters. It has two ears which located on top of its head. The shape of the ear is half circle and the size is half of my palm. The colour of its eye is dark brown. I think it is made of glass since I can see through it. It has a light brown ribbon encircling its neck. On the sole of each foot, there is a paw pattern made of smooth fabric.

http://www.wordcliff.com/2017/05/contoh-descriptive-text-tentang-boneka.html

Boneka Teddy Bear Ku

Saya mempunyai sebuah boneka kesayangan. Boneka itu adalah sebuah Teddy Bear asli dari Amerika. Bibi Lily memberikannya padaku tahun lalu saat dia kembali dari perjalanan kerjanya di New York. Saya sangat senang saat itu. Saya meletakkannya di atas sebuah lemari kaca di sebelah tempat tidur saya. Terkadang saya menggunakannya sebagai sebuah bantal.

Boneka Teddy Bear milik saya sangat besar, dan warnanya coklat. Boneka itu sekitar 150 senti tingginya dan lebarnya sekitar 50 senti. Saat saya meletakkannya di atas tempat tidur saya, boneka itu akan menempati setengahnya. Boneka itu hampir sama besar dengan badan saya. Boneka itu terbuat dari jenis kain khusus yang disebut rasfur. Kepalanya bulat dengan ukuran 25 senti. Boneka itu memiliki dua telinga yang terletak di bagian atas kepalanya. Bentuk dari telinganya adalah setengah lingkaran dan ukurannya setengah dari telapak tangan saya. Warna matanya adalah coklat gelap. Saya rasa matanya terbuat dari kaca karena saya bisa melihat menembusnya. Boneka ini memiliki sebuah pita berwarna coklat muda melingkari lehernya. Di bagian telapak dari masing masing kaki nya, terdapat sebuah pola cakar terbuat dari kain yang lembut.

Ok sekarang coba sebutkan dulu apa saja benda kesayanganmu di rumah ya? Kalian bisa mendeskripsikan benda tersebut di depan teman-temanmu.  

No comments:

Post a Comment

Butuh

  Oleh Suyati  Selembar itu terasa berarti  Bunyi kerincing receh terasa merdu membahagiakan  Dicari di antara sela -sela lipatan dompet yan...