Saturday 24 April 2021

Xenoglosofobia/Fobia Bahasa Asing




lecture.id


Hari ini adalah kegiatan april Challenge hari ke 24 berarti #AprilChallenge Huruf X. cukup sedikit huruf yang tersedia dengan awalan huruf X. Jika ada pun maka sebagian adalah istilah yang cukup asing karena jarang kita dengar dan gunakan.

Saya mencoba membuat tulisan dengan tema xenoglosofobia. Di Kamus KBBI diartikan sebagai Fobia terhadap bahasa asing. Sementara menurut kamus istilah psikologi xenoglosofobia adalah ketakutan yang irasional terhadap bahasa asing, biasanya trdapat pada mahasiswa atau sarjana yang menguasai satu bahasa, kemudian berafiliasi dengan sistem pendidikan lain yang mempergunakan bahasa yang berbeda dengan baahasa yang dikuasainya. 

Sedangkan kata pobia berasal dari Bahasa Yunani, phobos, artinya god of fear  dewa katakutan. Dalam ilmu jiwa (psychiatry) phobia digunakan untuk mendeskripsikan  perasaan takut dan irasional pada sesuatu yang merupakan gangguan mental.

Apa yang dimaksud bahasa asing? Menurut PP No. 24 tahun 2009 dinyatakan bahwa Bahasa asing adalah bahasa selain bahasa Indonesia dan bahasa daerah.
Wow sebuah fenomena yang menarik jika itu terjadi pada saat ini. Karena memang kondisi sekarang tidak mungkin dipisahkan dari bahasa asing. 

Beberapa bahasa asing yang banyak digunakan di dunia saat sekarang ini adalah Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, Bahasa Arab, Bahasa Jepang, Bahasa Korea dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Dalam bukunya Gardner menyatakan bahwa kecemasan berbahasa asing adalah dari perasaan gelisah,  khawatir, gugup dan ketakutan yang dialami oleh bukan penutur asli ketika belajar atau menggunakan bahasa asing. Kecemasan tersebut biasanya meliputi kecemasan dari aspek proses belajar-mengajarnya, tenaga pendidiknya, tentang bahasa itu sendiri, berbicara di depan peserta didik lainnya, perilaku rekan-rekan didiknya dan tes yang memungkin kan mereka gagal.

Sementara pada postingannya di ichi.pro memberikan beberapa langkah untuk mengantisipasi terjadinya xenoglosofobia. Langkah tersebut antara lain:
  1. Kunici pertama yang perlu diketahui adalah orang dewasa lebih cepat belajar bahasa daripada anak-anak. Maka jangan beri aku alasan lagi. Biasanya alasan yang sering muncul adalah 'saya terlalu tua'.
  2. Hal kedua yang perlu diketahui adalah Anda bisa melakukannya. Tidak peduli usia anda, latar belakang Anda, jam kerja atau faktor lainnya. Dan jangan biarkan orang lain mengatakan sebaliknya termasuk diri Anda sendiri.

Ada lima langkah yang harus dilakukan untuk menguasai pembelajaran bahasa:
1. Pola pikir : Memiliki pola pikir yang benar dan menghilangkan xenoglosofobia Anda.
2. Tujuan : Memiliki tujuan dan jadwal. Jika anda tidak tahu ke mana tujuan Anda maka Anda tidak akan kemana-mana.
3. Metode : Kelas bahasa, tutor privat atau pembelajaran mandiri?
4. Perencanaan :Sesi disiplin dan belajar
5. Sumber daya : Youtube, ITalki Berhubungan, Podcast, Anki

Berikut contoh untuk rekap lima langkah yang diajukan di atas:
Pola Pikir: Siap untuk belajar, siap untuk membuat semua kesalahan, sabar
Tujuan: Kefasihan tingkat B2 dalam 2 tahun
Metode: Saya perlu X kursus paruh waktu dan mungkin X bulan dengan guru privat untuk mencapai tujuan saya.
Perencanaan & Sumber Daya: 10 menit di pagi hari di Anki, 15 menit di Coffeebreak dalam perjalanan ke tempat kerja, 10 menit di malam hari menggunakan pembelajaran aktif mengerjakan pekerjaan rumah

Bagaimana siap untuk melawan xenoglosofobia Anda? 


Sumber tulisan:
http://lib.stikes-mw.id/wp-content/uploads/2020/06/KAMUS-ISTILAH-PSIKOLOGI.pdf
https://ichi.pro/id/bagaimana-saya-belajar-7-bahasa-dan-anda-juga-bisa-88535634194448

10 comments:

  1. Artikel yang keren Bu.. sy gak bisa nulis artikel yg bagus begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Ambu. Bingung mau nulis apa Ambu. The power of kepepet.

      Delete
  2. Artikelx bagus memberi saya informasi baru,terimakasih bu

    ReplyDelete
  3. Kalau grogi karena takut salah ucap atau pelafalan termasuk juga berarti ya? Wah, aku termasuk dong kalau gitu 😆

    ReplyDelete
  4. Bagus artikelnya dan pesan saya cintai bahasa asing maka kita tdka akan takut akan nahasa asing

    Mohon komentar tulisan saya
    https://hernisbanah.blogspot.com/2021/04/x-yang-tak-berujung.html

    ReplyDelete
  5. saya dulu sempat ragu untuk berbicara dengan bahasa inggris padahal saya tinggal di daerah pariwisata yang dimana bule wisatawan international berdatangan terus setiap harinya tetapi akhirnya saya memberanikan diri untuk selalu basa basi sambil memperlancar bahasa asing saya dan akhirnya saya biasa di tanya kok inggris bagus juga ya kamu pergi ke Tempat Les Bahasa Inggris ya? saya jawab iya sampai smp saja selebihnya belajar otodidak dari ngobrol sama bule bule di jalan , kalau kita ngga praktek bakalan terhambat untuk terus belajar jadi jangan ragu dengan diri sendiri harus confident!

    ReplyDelete

Joker

Oleh: Suyati  Kurasakan perihnya dia tertawa  Tertawa ketika terluka  Oleh perih duka yang tiada tara  Ditutupi dengan bahagia di muka  Luka...