Tuesday, 5 August 2025

Pembelajaran Bahasa Inggris Materi Days and Months

 

Rencana  kegiatan pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa kelas 7 SMP dengan topik hari dan bulan, 

Rencana Kegiatan Pembelajaran

Topik: Days and Months (Hari dan Bulan)

Tujuan Pembelajaran:

  • Siswa mampu mengidentifikasi dan menyebutkan nama-nama hari dan bulan dalam bahasa Inggris.
  • Siswa mampu menggunakan nama-nama hari dan bulan dalam kalimat sederhana.
  • Siswa mampu membuat jadwal atau kalender sederhana.

Kegiatan Inti

1. Pengenalan (Introduction)

  • Guru memulai dengan menyapa siswa dan menanyakan hari dan tanggal saat ini dalam bahasa Indonesia, lalu memperkenalkan topik hari dan bulan.
  • Guru memutarkan video lagu tentang hari dan bulan dalam bahasa Inggris. (contoh: "Days of the Week Song" atau "Months of the Year Song" di YouTube).

2. Eksplorasi (Exploration)

  • Guru menunjukkan sebuah kalender besar.
  • Siswa secara bergiliran menyebutkan nama-nama hari dari kalender tersebut.
  • Guru kemudian menuliskan nama-nama hari dan bulan di papan tulis atau melalui media presentasi digital (misalnya, PowerPoint atau Google Slides).
  • Guru melatih pengucapan (pronunciation) siswa, meminta mereka menirukan nama-nama hari dan bulan.

3. Pengembangan (Development)

  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
  • Setiap kelompok diberi tugas untuk membuat jadwal pelajaran mingguan atau jadwal kegiatan bulanan.
  • Siswa diminta untuk menggunakan nama-nama hari dan bulan dalam bahasa Inggris di jadwal yang mereka buat.
  • Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.

4. Penutup (Conclusion)

  • Guru dan siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
  • Guru memberikan penguatan materi dan memberikan kuis singkat (misalnya, "Hari apa setelah hari Selasa?" atau "Bulan apa sebelum bulan Juli?").

Media Pembelajaran

  1. Visual:
    • Kalender besar: Untuk membantu siswa visualisasi nama-nama hari dan bulan.
    • Kartu Flashcard: Berisi nama-nama hari, bulan, dan gambar yang relevan.
    • Papan Tulis/Whiteboard: Untuk menuliskan kosakata dan contoh kalimat.
  2. Audio-Visual:
    • Video Lagu: Dari YouTube atau sumber lain untuk membantu siswa menghafal melalui lagu.
    • Presentasi Digital: Menggunakan PowerPoint atau Google Slides untuk menampilkan kosakata dengan gambar dan animasi.
  3. Tugas dan Aktivitas:
    • Worksheet: Lembar kerja yang berisi latihan mencocokkan, mengisi titik-titik, dan soal-soal lain terkait hari dan bulan.
    • Permainan: Permainan tebak-tebakan atau kuis kelompok untuk membuat pembelajaran lebih interaktif.
    • Jadwal/Kalender: Kertas atau papan yang dapat digunakan siswa untuk membuat jadwal kegiatan mereka.

Tentu, berikut adalah contoh format penilaian yang bisa digunakan untuk topik "Days and Months" (Hari dan Bulan) pada kelas 7 SMP, lengkap dengan rubriknya. Penilaian ini mencakup aspek pengetahuan dan keterampilan.

 

1. Penilaian Pengetahuan (Knowledge Assessment)

Penilaian pengetahuan bisa dilakukan dengan tes tulis, baik dalam bentuk pilihan ganda maupun isian singkat.

Contoh Soal

A. Pilihan Ganda

  • Soal 1: Which day comes after Tuesday?

a. Monday

b. Wednesday

c. Friday

d. Sunday

  • Soal 2: What is the first month of the year?

a. February

b. March

c. January

d. December

  • Soal 3: "Hari Minggu" in English is...

a. Saturday

b. Sunday

c. Monday

d. Tuesday

B. Isian Singkat

  • Soal 1: The month after April is...
  • Soal 2: "Hari Jumat" in English is...
  • Soal 3: "November" is the month before...

Rubrik Penilaian

  • Setiap jawaban benar diberi poin 1.
  • Skor total adalah jumlah poin yang didapat.
  • Nilai akhir dapat dihitung dengan rumus: (SkorTotal/SkorMaksimal)×100.

 

2. Penilaian Keterampilan (Skills Assessment)

Penilaian keterampilan dapat dilakukan melalui observasi dan tugas praktis, seperti presentasi.

Tugas Praktis: Presentasi Jadwal Mingguan/Bulanan

Siswa diminta untuk mempresentasikan jadwal mingguan atau bulanan yang telah mereka buat di depan kelas. Guru akan menilai berdasarkan beberapa kriteria berikut.

Rubrik Penilaian Keterampilan Berbicara (Speaking Skill)

Kriteria Penilaian

Sangat Baik (3)

Baik (2)

Kurang (1)

Kelancaran (Fluency)

Berbicara dengan sangat lancar dan tanpa ragu-ragu.

Berbicara cukup lancar, namun ada sedikit jeda.

Sering berhenti atau ragu-ragu saat berbicara.

Pengucapan (Pronunciation)

Pengucapan sangat jelas dan mudah dipahami.

Pengucapan cukup jelas, namun ada beberapa kesalahan kecil.

Pengucapan tidak jelas dan sulit dipahami.

Struktur Tata Bahasa (Grammar)

Menggunakan tata bahasa yang benar, tidak ada kesalahan.

Menggunakan tata bahasa dengan sedikit kesalahan.

Menggunakan tata bahasa dengan banyak kesalahan.

Konten (Content)

Jadwal yang disajikan sangat lengkap, jelas, dan relevan.

Jadwal yang disajikan cukup lengkap, namun ada kekurangan.

Jadwal yang disajikan tidak lengkap dan sulit dipahami.


3. Penilaian Sikap (Attitude Assessment)

Penilaian sikap bisa dilakukan melalui observasi guru selama proses pembelajaran, terutama saat kegiatan kelompok. Aspek yang dinilai bisa meliputi partisipasi, kerja sama, dan sikap menghargai teman.

Contoh Skala Penilaian Sikap

  • Skala 1 (Sangat Kurang): Tidak berpartisipasi dan tidak bekerja sama.
  • Skala 2 (Kurang): Kurang berpartisipasi dan kurang bekerja sama.
  • Skala 3 (Cukup): Cukup berpartisipasi dan bekerja sama.
  • Skala 4 (Baik): Berpartisipasi aktif dan bekerja sama dengan baik.

Dengan kombinasi ketiga jenis penilaian ini, guru bisa mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang penguasaan siswa terhadap topik "Days and Months", baik dari sisi pengetahuan, keterampilan, maupun sikap.

No comments:

Post a Comment

Rahasia Kesehatan Wanita Ada di Dalam Dirinya

 #InfoBPGroup  Kesehatan wanita sesungguhnya dimulai dari dalam — dari keseimbangan hormon, daya tahan tubuh, hingga energi yang stabil dite...