Monday 25 December 2023

Tujuh Manusia yang Paling Dibenci Allah


1. ORANG YANG MISKIN  NAMUN SOMBONG


"Empat macam orang yang dibenci Allah, yaitu penjual yang suka bersumpah, orang miskin yang sombong, orang yang sudah tua suka melacur, dan pemimpin yang durhaka."

(HR Nasa'i dari Abu Hurairah).


2. ORANG YANG MEMILIKI REZEKI BERLEBIH TAPI PELIT


Sedekah tidak akan membuat kita miskin, berbagi adalah hal yang indah. Sesuai yang tertulis dalam surat Al-Isra ayat 26, _“Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.”


3. WANITA YANG TAK PUNYA RASA MALU

Seiring berkembangnya zaman, rasa malu wanita sudah mulai luntur. Menurut hadits, “Malu dan iman itu bergandengan bersama, bila salah satunya di angkat maka yang lainpun akan terangkat.”_

(HR. Al Hakim dalam Mustadroknya 1/73. Al Hakim mengatakan sesuai syarat Bukhari Muslim, begitu pula Adz Dzahabi)


4. ORANG YANG MALAS BERIBADAH

Semakin tua, seharusnya kita semakin rajin beribadah. Tidak hanya orang tua, anak muda yang masih berstamina tinggi seharusnya lebih bersemangat dalam beribadah. 


“Shalat yang paling berat untuk orang munafik adalah shalat isya dan shalat fajar."

(HR. Ibnu Majah no.656, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibnu Majah) 


5. PEMUDA YANG TAK MAU BERKARYA


Pemuda zaman sekarang lebih menyukai gadget, boleh jika digunakan untuk berkreasi, tetapi jika hanya menghabiskan waktu tanpa menghasilkan apapun itulah yang dilarang. 


Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam :

 “Orang yang minta-minta padahal tidak begitu memerlukan, sama halnya dengan orang yang memungut bara api.”

(HR. Baihaqi dan Ibnu Khuzaimah)


6. PEMIMPIN YANG KEJI

Pemimpin seharusnya mengayomi rakyat dan adil, sesuai dengan yang tertulis dalam surat Ali Imran ayat 151, "Tempat kembali mereka ialah neraka; dan itulah seburuk-buruk tempat tinggal orang-orang yang dzalim."


7. AHLI IBADAH YANG RIYA


Terkadang kita tidak sadar ibadah kita menimbulkan kesombongan, maka dari itu kita harus selalu introspeksi diri. Jangan merasa lebih baik karena sudah rajin shalat dan mengaji demi dipuji orang lain. 


“Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu ALLAH  , dan ALLAH  akan membalas tipuan mereka . Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud RIYA  (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut ALLAH kecuali sedikit sekali.”

(QS. An Nisaa’:142)


Semoga kita semua dijauhkan dari hal-hal demikian, kepada Allah Subhana wata'ala kita minta perlindunganNya.


Allâhumma innî a'ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a'ûdzu bika minal 'ajzi wal kasal.

Wa a'ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a'ûdzu bika min gholabatid daini wa qahrir rijâl.


Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan,"

"Aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang."


Ăaмiίη Yά Robbάl'άlάмίη

No comments:

Post a Comment

Membeli Waktu

Assalamuallaikum warahmatulahi wabarakatuh  Bismillahirrahmanirrahim  Membeli Waktu Pada suatu hari, seorang Ayah pulang dari bekerja pukul ...