Friday 22 December 2023

Pesantren Liburan 2023 di PPM Zam-zam




Kegiatan pesantren Liburan di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Zam-zam  di Cilongok akhirnya dimulai. Satu-persatu para peserta datang ke pesantren baik secara individu maupun rombongan. 

Pada tahun 1445H atau 2023 M ini peserta sejumlah 279, terdiri dari santri putra 113 dan putri 166 dari kelas 4-6 dari berbagai sekolah baik dari Banyumas, Purbalingga, Cilacap maupun Banjarnegara. Tempat kegiatan untuk peserta putri dilaksanakan di PPM Zam-Zam Kampus 2 Desa Pernasidi sedangkan peserta putra di Kampus 3 Desa Karanglo, Cilongok.


Tema pesantren liburan kali ini adalah Liburan Berkah Wujudkan Generasi Taat Beribadah. Kegiatan ini merupakan aplikasi dari QS at Tahrim:66. Terkait dengan kegiatan pesantren liburan, di hadapan para peserta dan orang tuanya, ia katakan bahwa dengan bapak dan ibu mengikutkan anak-anaknya dalam kegiatan pesantren liburan ini, berarti itu sebuah upaya dan langkah tanggung jawab sebagai orang tua dalam menjaga diri dan keluarga dengan nilai-nilai Islam dan akhlak mulia sehingga keluarga bapak ibu dapat terjaga dari api neraka, sebagaimana dijelaskan dalam QS at Tahrim ayat 66.

“Tujuan pesantren liburan ini agar anak-anak dalam menghabiskan masa liburan dengan kegiatan positif dan bermanfaat. Sehingga anak-anak memiliki sikap dan perilaku mulia dengan pengamalan ibadah secara istiqomah, baik ibadah wajib dan ibadah sunah. Selain itu memiliki sikap disiplin,” terang Umi Faizah selaku panitia.

Selain itu kegiatan pesantren liburan juga bertujuan sebagai upaya untuk mengenalkan kehidupan di pondok sehingga kelak ketika anak-anak menjadi santri di PPM Zam-Zam lebih siap dan mudah beradaptasi.


Kegiatan dilaksanakan di dua tempat. Pembukaan peserta putri dilakukan oleh Kepala Asrama Kampus 1, Thoriq Nur Ikhsan yang mewakili Direktur PPM Zam-Zam, Arif Fauzi karena berhalangan hadir. Dijelaskannya, ketidakhadiran Mudir karena ia sedang berada di Madinah, Arab Saudi dalam upaya untuk mewujudkan pesantren yang dipimpinnya dapat meraih akreditasi (mu’adalah) dari Universitas Islam Madinah (UIM), selain itu juga untuk menunaikan ibadah umrah.


Lantas dijabarkan juga aneka kegiatan selama empat hari yang meliputi Camp Qur’an, berisi kegiatan Tahsin dan Tahfiz Metode Muriqi, Ibadah Praktis, Pentas Seni Santri, Pemutaran Film Pendidikan, Fun Games, Outbound, pendidikan karakter dan Story Telling.




 


No comments:

Post a Comment

Membeli Waktu

Assalamuallaikum warahmatulahi wabarakatuh  Bismillahirrahmanirrahim  Membeli Waktu Pada suatu hari, seorang Ayah pulang dari bekerja pukul ...