Wednesday 13 December 2023

Ciri-ciri Harta yang Berkah


Walaupun sedikit dari segi jumlah, tetapi tidak menjadikan pemiliknya kekurangan. Itulah rezeki berupa harta yang berkah. Harta yang berkah  disenangi oleh Allah. Harta yang disenangi Allah adalah harta yang halal. Maka,  harta yang berkah adalah harta yang halal. Lalu, apakah ciri-ciri harta yang berkah? Yuk…. Kita simak yang di bawah ini!


Setiap orang  ingin mendapatkan rezeki (berupa  harta) yang  banyak. Meski begitu, sejatinya, yang lebih penting adalah keberkahannya.  Keberkahan rezeki tidak  bisa dijamin dari banyak atau  sedikitnya harta. 


Berkah juga bisa diartikan walau sedikit, tetapi tetap bisa  memenuhi kebutuhan hidup. Jadi, walaupun sedikit dari segi jumlah, tetapi tidak menjadikan  pemiliknya kekurangan.    


Keberkahan adalah kebaikan yang banyak meskipun dari  harta yang sedikit. Bukan berarti kita terlarang menjadi seorang banyak harta, orang  kaya.  Namun, kita harus paham bahwa Allah-lah yang mengatur segala pemberian-Nya. 


Memang, yang paling ideal adalah rezeki yang  banyak dan berkah. Akan tetapi, percayalah bahwa rezeki sedikit dan  berkah akan membawa lebih banyak manfaat serta kebahagiaan dibandingkan rezeki yang banyak, tapi tidak berkah.


Sedikit harta yang halal akan diberkahi. Akan tetapi, pada  harta  yang haram walaupun banyak akan lenyap dan  dihilangkan keberkahan oleh Allah.  Keberkahan rezeki  tidak bisa dijamin dari banyak  atau sedikitnya harta. Lalu, seperti apa sebenarnya rezeki yang berkah itu?


Rezeki yang berkah biasanya dapat diketahui dari kecukupannya. Walaupun jumlahnya sedikit, tetapi tetap bisa memenuhi semua kebutuhan hidup, itulah berkah.


Lantas bagaimana agar harta kita menjadi berkah? Keberkahan harta dapat dicapai dengan takwa Allah berfirman (yang artinya), "Jika sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu. Maka, Kami siksa mereka disebabkan oleh perbuatannya.”  (Q.S. Al A’raf: 96).


Adapun  ciri-ciri harta yang berkah adalah seperti di bawah ini.

1️⃣ Harta yang berkah mampu mengantarkan pemiliknya menjadi semakin bertakwa kepada Allah.


2️⃣ Harta yang berkah bisa memberikan rasa nyaman dan tenteram bagi pemiliknya.


3️⃣ Harta yang berkah dapat mendatangkan amal kebaikan atau menjadi jalan bagi pemiliknya untuk berbuat kebaikan.


4️⃣ Harta yang berkah akan membuat pemiliknya semakin bersyukur kepada Allah.


5️⃣ Harta yang berkah dapat menghadirkan keharmonisan dan kebahagiaan dalam rumah tangga.

No comments:

Post a Comment

Membeli Waktu

Assalamuallaikum warahmatulahi wabarakatuh  Bismillahirrahmanirrahim  Membeli Waktu Pada suatu hari, seorang Ayah pulang dari bekerja pukul ...