Tuesday 19 December 2023

Sebuah Renungan dalam Parenting

 KENAPA ANAK BELUM SHALIH?

Oleh Ustadz Najmi Umar Bakkar


(1). Bisa jadi orang tua memiliki dosa2 di masa lalu,  mereka belum juga bertaubat kepada Allah Ta'ala, lalu Allah pun menjadikan anak itu belum shalih & shalihah sebagai hukuman atas dosa.


(2). Bisa jadi orang tua memiliki dosa2 di masa lalu, dimana sekarang ini mereka sudah bertaubat, tetapi Allah menjadikan anaknya blm shalih dan shalihah sebagai sebab penggugur dosa-dosa dari orang tuanya, jika mereka bersabar & juga tidak berburuk sangka kepada Allah Ta'ala.


(3). Bisa jadi para orang tua pada saat ini sudah shalih dan shalihah, tetapi mereka tidak mau belajar bagaimana cara untuk mendidik anak menjadi shalih / shalihah, sehingga mereka mendapatkan anaknya yang belum menjadi shalih dan shalihah.


(4). Bisa jadi para orang tua pada saat ini sudah shalih dan shalihah, & mereka pun sudah mengetahui bagaimana cara untuk mendidik anaknya menjadi shalih dan shalihah, namun didapatkan kondisi anak belum juga shalih & shalihah, maka berarti ini adalah ujian dari Allah Ta'ala.


Memang anak bisa jadi ia bersalah dan berbuat dosa, tetapi hendaknya bersabar, insya Allah mereka itu diberikan hidayah cepat atau lambat. 


Yang penting adalah bagaimanakah usaha orang tua itu untuk terus menerus memperbaiki diri mereka dan juga anak-anaknya sekaligus...!?


Dan hendaknya orang tua selalu melihat kepada kekurangan2 yang ada pada diri mereka, meskipun sekarang ini orang tua tersebut sudah bertaubat, serta perlahan mulai banyak melakukan amal shalih.


Al-Fudhail bin ‘Iyadh رحمه الله berkata :


"Sesungguhnya, ketika aku bermaksiat kepada Allah, maka aku bisa mengetahui dampak buruknya pada perilaku hewan tungganganku, pembantuku, istriku, dan bahkan tikus di rumahku" (Al-Bidaayah wan Nihaayah X/215 oleh Ibnu Katsir)


Semoga Allah 'Azza wa Jalla menjadikan kita termasuk orang tua yang shalih dan shalihah, lalu Allah mudahkan kita untuk mendidik anak2, sehingga mereka dapat menjadi anak yang shalih dan shalihah, Aamiin Allahumma Aamiin



No comments:

Post a Comment

Membeli Waktu

Assalamuallaikum warahmatulahi wabarakatuh  Bismillahirrahmanirrahim  Membeli Waktu Pada suatu hari, seorang Ayah pulang dari bekerja pukul ...