Saturday 16 December 2023

Mengatasi Muntaber pada Anak

 Penyebab Muntaber pada Anak

1. Infeksi Bakteri

Umumnya terjadi melalui konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi. Contoh bakterinya adalah salmonella, Escheichia coli (E.coli), Compaylobacter dan shingella. Ini biasanya timbul diare berair,muntah,perut kembung,dan demam.

2. Infeksi Virus

Biasanya penyebab umum melalui kontak dengan individu yang terinfeksi atau melalui konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi dgn virus.dengan virus.

3. Keracunan makanan 

Kondisi ini terjadi ketika anak" mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh bakteri atau toksin yang dihasilkan oleh bakteri.Contoh bakteri  penyebab keracunan makanan meliputi staphylococcus aureus dan Clostridium perfrinegens.Gejala keracunan makanan akan muntah,diare ,perut kembung dan beberapa kasus akhirnya demam.

4. Obat-Obatan 

Beberapa obat-obatan tertentu juga dapat memicu muntaber pada anak-anak. Ini biasa terjadi jika dosis obat terlalu tinggi atau jika anak memiliki reaksi alergi terhadap obat tersebut.


Cara mengatasi Muntaber pada Anak

a. Pengganti cairan yang hilang .

Berikan banyak minum air putih.

b. menjaga kebersihan, pastikan pada anak dan anggota keluarga lainnya mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air bersih terutama sebelum makan dan setelah menggunakan toilet

c. Istirahat cukup dengan tidak memaksa untuk beraktivitas normal terlalu cepat mungkin badan masih lemas dan lelah 

d. Berikan solusi suplemen British propolis green pada anak,jika berat  badan anak 10 kg berikan dosis 2 tetes bisa dicampur di susu, madu, teh atau langsung diteteskan di mulut.

e. Konsultasi dengan dokter jika muntaber pada anak berlanjut, memburuk atau jika anak  mengalami tanda-tanda dehidrasi yang serius seperti mulut sangat kering, tidak bisa buang air kecil  segera konsultasikan ke dokter.


No comments:

Post a Comment

Membeli Waktu

Assalamuallaikum warahmatulahi wabarakatuh  Bismillahirrahmanirrahim  Membeli Waktu Pada suatu hari, seorang Ayah pulang dari bekerja pukul ...