Sunday 18 February 2024

Cara Memanfaatkan Canva Gratis dengan Akun Madrasah Kemenag

Saya mengenal canva sebagai salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat presentasi pembelajaran baru pada tahun 2020 an. Merebaknya virus corona menyebabkan kegiatan pembelajaran langsung tatap muka dihentikan dan digantikan dengan pembelajaran daring. Tentu, hal tersebut tidaklah mudah untuk dilakukan. Apalagi membuat anak untuk tetap termotivasi mengikuti pembelajaran yang kita lakukan lewat dunia maya tentu menjadi tantangan tersendiri. 

Salah satu yang saya peroleh adalah pelatihan membuat materi pembelajaran menggunakan canva. Manfaatnya sangat besar. Jika dulu PPT yang dibuat terkesan tidak kreatif dan itu-itu saja. Maka dengan penggunaan canva menjadi lebih menarik. 

Pada saat ini canva sudah memberikan fasilitas yang luar biasa membantu guru. Dengan akun belajar.id guru dapat menikmati fitur-fitur yang ada dalam canva secara maksimal dan tidak berbayar. Wah, sempat jelous juga dengan keadaan ini karena kami di madrasah tidak memiliki akun belajar.id. Terpaksanya kami menggunakan fitur-fitur gratis yang tentu terbatas dan tidak sebanyak jika kita masuk dengan belajar.id yang full gratis.

Bersyukur pada beberapa tahun kemudian Kementerian Agama juga berinovasi dengan memberikan akun madrasah. kemenag.go.id yang kurang lebih sama fungsinya dengan belajar.id. Sudahkah guru-guru madrasah memenafaatkan akun tersebut? Yang belum, silahkan dapat meminta kepada operator madrasah untuk mendapatkan akun tersebut. 

Nah, untuk dapat memanfaatkan fitur-fitur di canva secara gratis maka kita harus mendaftarkakn diri dan mengajukan permohonan kepada Canva untuk Pendidikan atau Canva for Eduacation. Di sana akan ada beberapa persyaratan yang diminta terkait status kita sebagai guru madrasah. Persyaratan tersebut menjadi pertimbangan pihka canva untuk memberikan rekomendasi atau tidak tidak kita masuk dalam akun canva for Education. 

No comments:

Post a Comment

Membeli Waktu

Assalamuallaikum warahmatulahi wabarakatuh  Bismillahirrahmanirrahim  Membeli Waktu Pada suatu hari, seorang Ayah pulang dari bekerja pukul ...