Saturday 24 February 2024

Bersiap Menanti Ramadhan Tiba


🌙Ramadhan segera datang. Mari kita persiapkan diri sebaik-baiknya dengan niat, doa dan ilmu agar berbagai keutamaan Ramadhan yang Allah turunkan bisa kita raih..


- Didik diri dan biasakan takwa dari sekarang. Kalau sekarang gak biasa baca Al Quran, maka Ramadhan akan sulit baca Al Quran. Mulai dari sekarang perbaiki ibadah. Kebiasaan baik juga harus berlanjut terus setelah Ramadhan.


- Waspada dari memutus silaturahim. Sebelum Ramadhan segera sambung silaturahim dengan orang yang pernah kita ada masalah dengannya. Karena kalau tidak akan mencukur pahala kita.


- Bersihkan hati kita. 

Jangan sampai saat masuk Ramadhan hati kita masih diisi dengki, sombong, hasad, su'udzon dan lain-lain. Untuk menghilangkan dengki banyak mendoakan orang yang kita dengki kepadanya. 


- Kurangi menghabiskan waktu untuk hal yang tak bermanfaat. 

Perbanyak baca Al Quran, ikuti kajian offline maupun online yg tersedia. Harus punya target di Ramadhan. Kalau ada target kita bisa mengatur waktu kita. 


Segera lunasi hutang puasa Ramadhan yang belum dibayar. Ini hukumnya wajib.


- Aktivitas baca Al Quran harus ditingkatkan. Karena Ramadhan itu bulannya Al Quran. Rasulullah setiap malam tadarus Al Quran dengan malaikat Jibril. Pelajari juga Al Quran dengan membaca artinya/tafsirnya.


- Ramadhan sangat dianjurkan shalat Tarawih karena pahalanya besar. Jangan sampai lewatkan shalat tarawih. Perbanyak shalat malam juga.


- Dari sekarang perbanyak doa dan hapalkan doa² yang diajarkan Rasulullah. Bulan Ramadhan waktu yang mustajab doa, jadi perbanyak doa. 


- Dari sekarang biasakan agak lama duduk dalam beribadah. Untuk mempersiapkan diri menuju itikaf. Saat itikaf perbanyak ibadah, dzikir, dan doa.


Perbanyak puasa sunah di bulan Syaban sebagai latihan.


- Siapkan uang untuk memberi makan orang miskin dan bersedekah. 

Rasulullah adalah orang yang sangat dermawan, dan makin dermawan saat Ramadhan. Sedekah di waktu mulia pahalanya akan dilipatgandakan. Berlomba-lomba untuk memberi orang lain makanan berbuka puasa.

 

- Kurangi makan saat bulan Syaban, jangan makan sampai kenyang. Jika terlalu kenyang maka badan jadi berat, kuat syahwatnya dan lemah ibadahnya.


 - Jangan biasakan begadang untuk hal yang tidak bermanfaat.

Dari bulan Syaban kurangi tidur malam. Agar bisa bangun solat tahajud dan ibadah malam. Karena saat Ramadhan para sahabat kurang tidur dan 10 hari terakhir mereka tidak tidur untuk itikaf. Jemput malam Lailatul Qadar.


- Biasakan ibadah yang kita belum biasa. Coba kita saat beraktivitas di rumah sambil berdzikir, jika biasanya sambil bernyanyi, kita ubah dgn banyak berzikir/shalawat.


- Mulai sekarang disiplin dalam waktu. Jika ada target maka harus disiplin waktu. 

Segera menyelesaikan pekerjaan yang boleh jadi (jika tidak segera diselesaikan) dapat mengganggu kesibukan ibadah seorang muslim di bulan Ramadhan.


- Jangan biasakan sering pergi ke pasar saat Ramadhan. Mencicil kebutuhan Ramadhan lebih awal adalah pilihan bijak.  Karena pasar itu tempatnya setan. 

Wallahu'alam...




No comments:

Post a Comment

Membeli Waktu

Assalamuallaikum warahmatulahi wabarakatuh  Bismillahirrahmanirrahim  Membeli Waktu Pada suatu hari, seorang Ayah pulang dari bekerja pukul ...