Kegiatan MGMP Bahasa Inggris kali ini tampak berbeda. Sesuai dengan agenda dan program kerja MGMP Bahasa Inggris akan diadakan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan selama 3 pertemuan di bulan Februari -Maret 2024.
Adapun materi pokok pelatihan adalah Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru bahasa Inggris MTs kabupaten Purbalingga.
Dalam sambutannya sekaligus membuka acara pelatihan, Kasubag Kemenag kab Purbalingga menyampaikan perlunya motivasi dan teknik bagi guru Bahasa Inggris dalam menyampaikan materi. Hal ini dikarenakan kondisi kita yang bukan merupakan second language. Bahasa Inggris masih menjadi bahasa asing di Indonesia. Tentu, hal tersebut menimbulkan suasana yang berbeda dengan lingkungan yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.
A. Penulisan Best Practice
Disampaikan oleh: Ning Asriyati, S.Pd, Gr
Best practice: laporan terhadap sesuatu yang sudah dilaksanakan di kelas dan ada peningkatan mutu pembelajaran meskipun baru 25%
Judul best practice membuat penasaran atau judul yang membuat inti pembelajaran
Best practice tidak perlu abstrak kecuali untuk kepentingan lomba (150-250 kata). Berisi inti best practice, tantangan dan kendalanya.
Aturan best practice
Aksi 1: melaksanakan asesmen awal/tes diagnostik dengan melakukan tes melalui akupintar.id
Aksi 2
Aksi 3
Refleksi
Salah satu contoh best practice yang pernah beliau laksanakan dan berhasil menjadi juara tingkat provinsi adalah pembelajaran berdiferensiasi melalui ular tangga.
Pembelajaran diferensiasi
1. Diferensiasi konten : bahan pembelajaran yang berbeda (video, komik, e-book)
Siswa bisa memilih sumber belajar yang diinginkan.
2. Diferensiasi Proses: mempunyai satu materi/bahan pembelajaran, yang terpenting siswa memahami materi-materi
yang dituju dalam pembelajaran
Window shopping/jigsaw
3. Diferensiasi hasil belajar
Anak yang menyiapkan hasil belajar sesuai dengan keinginan mereka, boleh
KSE: kompetensi sosial emosional ---> mencegah bullying
Beberapa aplikasi yang dapat digunakan pada pembelajaran oleh guru antara lain:
Google bard, AI yang bisa menampilkan teks dan gambar sekaligus memunculkan sumber referensi.
s.id microsite
Masuk ke s.id
Login atau register, continue with google untuk lebih cepatnya
Lanjutkan ke s.id
Centang pernyataan, continue
Klik microsite klik create new
Pilih tujuan misal education
Klik continue
Pilih template
Continue
Beri nama microsite
Microsite URL, tanpa spasi
Catatan: file yang akan diunggah harus tersimpan di drive
Gambar dan deskripsi bio bisa diganti dan diedit.
B. Systematic Literature Review
Nantinya kan menjadi artikel
1. Adanya permasalahan/Question dalam pembelajaran
2. Selecting studies (5-7 tahun)
3. Kritisi atau evaluasi referensi
Bisa dilakukan dengan melalui
Persamaan
Perbedaannya
Tuliskan dalam report
R
Fomulasi masalah SLR:
Motivasi permasalahan
Beberapa aplikasi yang bisa kita manfaatkan untuk mempermudah penelitian berbasis review literatur adalah:
Openkonwledgemaps.org
Trend penelitian
doi.org
Masuk sci-hub.wf untuk mendownload lewat doi.
Setelah memasukkan no doi artikel yang tidak terbuka akan terbuka dan dapat didownload.
sinta.kemdikbud.go.id untuk mencari artikel, jurnal
Taylor& Francis Online (tandfonline.org)
Menentukan kriteria referensi:
Negara lokasi penelitian
Tahun penelitian
Partisipan
scispace untuk memahami inti suatu artikel berbahasa Inggris
perplexity.ai
paraphrase.io
upload PDF
Buka artikel yang sudah didownload, tambahkan tabel dan figur
Kita menyimpulkan dari berbagai penelitian terdahulu.
cara memparafrase: quilbot.com
Terbitkan artikel Di mana?
Educalitra
Prisma Journal
Scopus
Cakrawala Pendidikan
No comments:
Post a Comment