Thursday 13 July 2023

Serunya Kegiatan MPLS atau Matsama



Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan saat yang ditunggu bagi siswa baru baik di jenjang SD/MI maupun di tingkat lanjutan menengah, SMP/MTs hingga SMA/SMK/MA. Ada hal yang seringkali ditunggu atas berbagai hal dan kegiatan di masa ini. 

Di madrasah kami mengenalnya dengan istilah Matsama (Masa Ta'aruf Madrasah). Pada dasarnya kegiatan dan kegiatan yang dilakukan sama. Sama-sama untuk mengenalkan siswa baru di lingkungan sekolah. Matsama atau bisa disebut MPLS di madrasah untuk tahun pelajaran 2023/2024 dilaksanakan dengan rentang waktu tiga hari di minggu pertama kegiatan sekolah yakni tanggal 17- 20 Juli 2023.

Ada beberapa panduan pelaksanaan kegiatan Matsama. Semua tertuang di dalam juknis pelaksanaan kegiatan Matsama no. B-2875/DJ.I/Dy.I.I/HM 01/07/2023 Diantara adalah tentang pelaksanaan kegiatan Matsama tahun pelajaran 2023/2024.

Adapun tujuan pelaksanaan Matsama adalah:

1. Mengenalkan peserta didik baru pada lingkungan sekolah yang baru, mengenali diri dan sosialnya sehingga memiliki kesiapan mental yang nantinya digunakan dalam kegiatan belajar selanjutnya.

2. Menumbuhkan kebanggaan siswa terhadap madrasahnya, memahami nilai-nilai madrasah, mencintai dan menjaga nama baik almamater.

3. Mengenalkan nilai-nilai moderasi beragama, menumbuhkan budaya dan jiwa inklusif tidak eksklusif, ramah, anti kekerasan dan bullying, anti pelecehan seksual dan menghargai harkat dan martabat kemanusiaan.

4. Menumbuhkan pola hidup bersih, sehat dan halal di lingkungan madrasah,  menumbuhkan sikap disiplin dan tanggung jawab, serta mental mandiri berprestasi.

Adapun yang menjadi catatan pelaksanaan kegiatan Matsama antara lain:

Kegiatan harus menyenangkan tidak menegangkan.

Kegiatan harus menantang tidak membosankan

Kegiatan mendidik, jauh dari kekerasan dan pelecehan 

Berakhlakul karimah sesuai nilai-nilai madrasah.


Demikian informasi tentang pelaksanaan kegiatan masa ta'aruf siswa madrasah (Matsama), semoga bermanfaat. Salam literasi.

No comments:

Post a Comment

Membeli Waktu

Assalamuallaikum warahmatulahi wabarakatuh  Bismillahirrahmanirrahim  Membeli Waktu Pada suatu hari, seorang Ayah pulang dari bekerja pukul ...