Thursday 20 January 2022

Inovasi Pembelajaran

Gambar : Dokumen Lagerunal

Dalam KBBI dinyatakan bahwa inovasi/ino·va·si/ n 1 pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru; pembaharuan: -- yang paling drastis dalam dasawarsa terakhir ialah pembangunan jaringan satelit komunikasi; 2 penemu-an baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, atau alat); 

Adapun tujuannya adalah menghasilkan produk baru, baik bagi dirinya sendiri maupun lingkungannya. Seseorang yang berhasil melakukan sebuah inovasi adalah seseorang yang inovatif. Secara tidak langsung, manfaat inovatif adalah membawa sesuatu hal yang baru yang dapat memudahkan kehidupan manusia dan membawa manusia ke dalam kondisi kehidupan yang lebih baik.

Suatu yang hal bisa dikatakan inovatif jika memenuhi syarat berikut:
1. Selalu bersifat baru. Setiap inovasi harus lah merupakan ide atau pun gagasan baru yang memang belum pernah diungkapkan atau pun dipublikasikan sebelumnya.
2. Bersifat khas. Inovasi harus memiliki ciri khas sendiri yang tidak dimiliki atau pun ada pada ide atau pun gagasan yang sudah ada sebelumnya. Tanpa ciri khas yang spesifik, sebuah ide atau pun gagasan tidak dapat digolongkan menjadi sebuah inovasi baru
3. Terencana. Inovasi merupakan suatu hal yang terencana karena termasuk sengaja dibuat. 
4. Memiliki tujuan yang jelas.

Sementara inovasi pembelajaran adalah proses belajar pada siswa yang dirancang, dikembangkan, dan dikelola dengan kreatif dan menerapkan berbagai macam pendekatan ke arah yang lebih baik untuk menciptakan suasana dan proses pembelajaran yang kondusif terhadap siswa. 

Masa pandemi ini banyak sekali inovasi yang dilakukan oleh guru. Hal ini karena terkait dengan berbagai macam kendala dan kesulitan pembelajaran yang dilakukan dengan daring. Guru harus berinovasi dalam penyampaian materi sehingga anak tetap termotivasi dalam pembelajaran. 

Beberapa inovasi yang dilakukan oleh guru pada masa pandemi ini adalah antara lain:

Memaksimalkan penggunaan WA.

Penggunaan video pembelajaran/youtube.

Penggunaan blog.

Penggunaan latihan yang bersifat game.

Alhamdulillah kondisi semakin membaik. PTM 100 % sudah banyak dilakukan di sekolah-sekolah. Namun kita masih dapat mempertahankan inovasi-inovasi pembelajaran tersebut dalam pembelajaran tatap muka. Hal ini dilakukan dengan sistem blended-learning. Penggabungan antara tatap muka dan daring.


14 comments:

  1. Mari semangat tuk berinovasi,banyak hal yang membuat kita untuk bisa banyak berinovasi agar siswa lebih semangat dalam belajar.

    ReplyDelete
  2. Mempertahankan dan mencari inovasi baru untuk PTM. Mantap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tujuan agar siswa tetap menikmati belajar di masa pandemi.

      Delete
  3. Jadi pandemi banyak hikmahnya ya Bu. Guru-guru jadi berinovasi. Meskipun, ya jangan pandemi terus sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga segera berlalu pandemi tapi tetap berinovasi.

      Delete
  4. 4 syarat inovasi, izin di ATM ya Bu...

    ReplyDelete
  5. Guru kreatif selalu tertantang berinovasi. Lanjut Bu inovasinya

    ReplyDelete
  6. Blendid learningn is not Blendid maning. Blendid learning for education inovation, But blendud maning given for teacher who perute buncit karena pandemi. he hehe

    ReplyDelete
  7. He he bisa saja mister Beje. Tapi bisa jadi penelitian sosial juga Pak.

    ReplyDelete
  8. Mau belajar tatap muka atau belajar online, inovasi jangan sampai ketinggalan!

    ReplyDelete

Tenses: Simple Present tense, Simple Past Tense dan Present Continuous Tense

 Ketika membicarakan tenses memang tidak dipungkiri seringkali membuat orang bingung. Karena harus dipahami bahwa dalam bahasa Indonesia dan...