Thursday 13 January 2022

Menjaga Semangat Menulis



Menulis adalah kegiatan yang sudah tidak asing lagi bagi kita semula. Kita sudah mulai belajar menulis sejak usia kanak-kanak. Tentu dengan beragam karakter tulisan. Menulis menurut Suparno dan M. Yunus, (2006) adalah kegiatan menyampaikan pesan dengan bahasa tulisan sebagai alat medianya. Sementara menurut Harmer (2001:79) writing is a form of communication to deliver thought or to express feeling through written form. Menulis adalah bentuk komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pikiran atau perasaan melalui bentuk tulisan.
Gambar: Dokumen Lagerunal

Menulis merupakan satu kegiatan yang banyak memberikan manfaat. Menurut Graves ada beberapa manfaat menulis, di antaranya adalah:
1. Menulis menyumbang kecerdasan.
2. Menulis menyumbang daya inisitif dan kreativitas
3. Menulis menumbuhkan keberanian
4. Menulis mendorong kemauan dan dan kemampuan mengumpulkan informasi.

Sayangnya masih banyak yang enggan untuk melakukan kegiatan menulis ini. Adapun sebabnya beragam, di antaranya adalah karena tidak tahu untuk apa dia menulis, merasa tidak bakat menulis dan merasa tidak tahu bagaimana harus menulis. Termasuk saya salah satunya. Padahal dari dulu hingga sekarang ketika mendapat pertanyaan hobinya apa? Maka saya selalu menjawabnya dengan 'membaca dan menulis'. 

Saat itu saya tidak pernah memikirkan kebenaran jawaban tersebut. Mungkin asal menjawab saja atau begitulah banyak orang menjawab ketika ditanya tentang kegemaran atau hobi. Tetapi seiring waktu saya bertanya pada diri sendiri. Apa buktinya saya gemar membaca dan menulis? Berapa banyak buku yang saya baca selama 1 bulan? Berapa buku yang saya beli dalam sebulan? Seberapa tulisan yang saya hasilkan dalam sebulan? Mengapa sebulan bukan seminggu atau sehari? Menulis dan membaca buku dalam sehari? Itu sama sekali belum terpikirkan. Yang jelas membaca buku dan menulis dalam satu hari, menurut saya adalah hal yang mustahil bin mustahal untuk dilakukan. Impossible.

Saya sendiri mulai kembali menulis, dalam artian menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan, setelah masuk kegiatan Belajar Menulis Bersama PGRI yang digawangi oleh Omjay. Saya masuk gelombang 16. Di sinilah saya mau tidak mau harus menulis. Ya menulis karena dipaksa oleh keadaan dan sistem. Apakah salah? Menurut saya malah betul. Jika saya tidak berada pada sistem dan keadaan yang memaksa saya untuk menulis maka semangat untuk menulis itu hanya akan berada di angan-angan saja. Sekadar keinginan tanpa tindakan. 

Sistem kedua yang memaksa saya harus terus menulis adalah komunitas Lagerunal. Di komunitas Cakrawala Bloger Guru Nasional lebih beragam untuk jenis tulisan. Hal ini memudahkan para anggotanya untuk dapat menuangkan tulisan. Yang suka fiksi bisa menulis cerpen, pentigraf dan puisi. Sementara yang suka nonfiksi bisa menulis memoar, opini atau artikel. Atau bisa juga kombinasi antara keduanya, fiksi dan nonfiksi, tergantung ide yang muncul saja.

Di tahun 2022 ini saya juga berusaha untuk terus menjaga semangat menulis. Salah satu caranya adalah dengan membuat resolusi untuk menulis setiap hari. Minimal satu tulisan dihasilkan dalam sehari. Apakah itu mudah dilakukan? Saya mencoba untuk konsekuen dengan menulis. JIka dalam satu hari tidak menghasilkan tulisan maka hari berikutnya harus menghasilkan minimal dua tulisan. Satu tulisan untuk hari ini dan satu tulisan lainnya untuk kemarin. Konsekuensinya semakin menunda menulis setiap hari maka akan semakin banyak tulisan yang harus disetorkan. Nah ini dia tantangannya. Are you dare? Ya ini adalah tantangan untuk diri sendiri. Semoga dengan resolusi ini saya bisa menjaga semangat menulis setiap hari sehingga bisa suatu saat menyatakan apa yang Omjay katakan, "Menulislah setiap hari dan lihatlah apa yang akan terjadi."

Semangat menulis setiap hari. Salam literasi. 


Sumber tulisan:

http://repository.ump.ac.id/6660/3/Pratista%20Pandulu_BAB%20II.pdf

12 comments:

  1. Replies
    1. Aamiin ya robbal'aalamiin. Terima kasih doanya Pak D.

      Delete
  2. Waaw semangat luar biasa bunda .. . Menulislah setiap hari dan buktikan yang akan terjadi. Semangat.

    ReplyDelete
  3. Luar biasa....
    Kok saya jadi malu nih.... Hehe....

    ReplyDelete
  4. Mantaap Bu resolusinya, tetap semangat menulis..

    ReplyDelete
  5. Resolusi yang mantap untuk terus dipertahankan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Pak. Semoga konsisten menulis setiap hari.

      Delete
  6. Sip, mantap untuk semangat menulisnya, terus berbagi dan menebar ilmu ke semua orang melalui blog ini!

    ReplyDelete

Greeting and Parting Quiz

Materi Greeting, Parting/Leave Taking, Thanking and Apologizing Greeting Hi Hello Good morning Good afternoon Untuk mengecek pemahaman kalia...