Tuesday 18 January 2022

Belajar Aplikasi Canva Lanjutan

Gambar: Dokumen Lagerunal


Belajar Canva memang menarik. Awalnya saya mengenal Canva di pelatihan Guru Penggerak Berbagi Ilmu (GPBI). Melalui aplikasi telegram dan Youtube pembelajaran dilaksanakan sekitar bulan Oktober 2021. Semenjak itu saya sering menggunakan Canva dalam berbagai hal. Tetapi masih hanya pada sekitar instagram dan poster. Saya masih belum menggunakannya sebagai bahan menyampaikan materi pembelajaran.

Pada kesempatan itu alhamdulillah mendapatkan aplikasi premium dengan diundang oleh pembicara sebagai anggota kelompok sehingga dapat menikmati aplikasi Canva dengan fitur-fitur yang lebih variatif dan lengkap. 

Nah, pada kesempatan #SeninBW periode Senin 17 Januari 2022 kemarin, saya tertarik dengan tulisan Pak Haryanto yang berjudul "Membuat Cover Buku dari Canva". Tulisan ini membahas tentang pemanfaatan aplikasi Canva dalam membuat cover buku. Wah hal baru ini yang perlu saya pelajari. Saya langsung semangat membacanya. Tulisan beliau bisa dilihat pada pranala berikut ini.

https://hariyanto17.blogspot.com/2022/01/ini-baru-cover-buatan-sendiri-dari-canva.html?m=1

Tulisan Pak Haryanto ini lugas dengan memberikan langkah-langkah pembuatan cover buku dari A-Z. Tulisan semakin dikuatkan dengan menyelipkan file materi pembuatan cover dengan Canva yang dapat didownload oleh pembacanya. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat karena file tersebut bisa menjadi panduan lebih mendalam dalam membuat cover buku dengan aplikasi Canva. 

Meskipun pemanfaatan Canva mungkin sama dengan aplikasi-aplikasi yang lain,  Pak Haryanto mengingatkan pentingnya RAJIN LATIHAN DAN TERUS BERLATIH. Kunci kesuksesan adalah mau dan siap untuk terus berlatih dan mengotak-atik aplikasi agar dapat menghasilkan apa yang diharapkan dengan maksimal. 

Terima kasih Pak Haryanto atas ilmunya lewat membagi tulisan di #SeninBW 17 Januari 2022.  Sangat bermanfaat. Harapannya semoga bisa segera mempraktekkannya. Hanya sedikit saran di bagian judul mungkin lebih baik untuk menggunakan kata 'dengan' dibandingkan 'dari'. Jadi "Membuat Cover Buku dengan Canva". Demikian Pantun Bale untuk Selasa, 18 Januari 2022. Salam literasi. 

11 comments:

  1. Canva semakin populer di kalangan guru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Pak D semoga semakin memberikan manfaat kepada pendidikan.

      Delete
  2. Canva, saya juga suka memakai aplikasi ini.

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, saya sudah pakai canva yang pro, jadi fiturnya jauh lebih banyak dan pokoknya lebih bebas berkreasi, lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Pak dengan Canva pro kita lebih bebas berkreasi.

      Delete
  4. Canva memang sedang rame. Sangat memudahkan dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  5. Dulu yang sepertinya jauh, sekarang dekat sekali. Para guru bisa berkreasi. Semangat.....

    ReplyDelete
  6. Terimakasih Bu Suyati tulisan saya dibahas disini. Alhamdulillah dengan aplikasi canva saya sudah mulai PD membuat cover buku sendiri....terutama dengan template sederhana dulu. Salam literasi Bu.

    ReplyDelete
  7. Mari membuat inovasi pembelajaran melalui canva...

    ReplyDelete
  8. Canva memudahkan kerjaan desain termasuk bikinn poster. saya juga sudah dapat canva pendidikan.

    ReplyDelete

Butuh

  Oleh Suyati  Selembar itu terasa berarti  Bunyi kerincing receh terasa merdu membahagiakan  Dicari di antara sela -sela lipatan dompet yan...