Sunday, 17 January 2021

Menulis di Manapun dan Kapan pun

 Selamat sore para blogger,

Pada sore hari ini saya ingin berbagi tips tentang menulis di mana pun dan kapan pun. Sebagai penulis pemula seperti saya, banyak hal yang ditakutkan ketika menulis. Kita bingung mau menulis apa. Memulai dari mana ketika akan menulis. Idenya dari mana?

Beberapa waktu kemarin saya mendapatkan solusi dari Kang Encon. Beliau menyarankan untuk membentuk sebuah grup WA yang anggotanya hanya kita dan mungkin anggota keluarga. Di sinilah kita mencatat apa pun yang muncul di otak kita. Dan nantinya kita akan kembangkan menjadi sebuah tulisan. Karena kadang-kadang ide muncul tanpa dinyana. Sementara kalau ditunda biasanya kita menjadi lupa apa ide yang barusan muncul.

Kita sekarang sudah tidak bisa dipisahkan dengan gadget/HP. Kita lebih kebingungan tidak membawa HP daripada ketika kita ketinggalan dompet. Sudah tidak bisa dipisahkan. Bebeberapa menit ditinggal ratusan chat sudah menanti untuk dibaca. Nah karena situasinya demikian,mengapa tidak kita gunakan untuk menulis?

INi adalah salah satu pernyataan saya di grup WA yang saya bentuk sebagai pendahuluan. Di dalamnya akan disimpan gambar/tulisan/video yang menjadi ide untuk menulis.


Grup ini terbentuk dari saran Kang Encon Rahman. Grup wa ini digunakan untuk menuliskan atau menyimpan ide-ide yang muncul dadakan dari kegiatan sekitar.

Grup ini juga digunakan untuk menyimpan file berupa word, gambar atau video yg dapat menjadi inspirasi menulis.

Dengan media grup ini diharapkan dapat menulis di mana pun dan kapan pun. Karena seringkali kita menunda menulis ide yang muncul. Bisa karena tidak ada kertas dan pena, tidak bawa laptop atau waktu yang sempit.

Diharapkan dengan media wag mari menulis, hambatan menulis bisa teratasi. Sehingga ide tulisan bisa beragam mengalir dari berbagai sumber. Akhirnya kegiatan menulis dapat terus dilakukan. Selamat berkarya. Salam literasi.

Ok bisa dibedakan antara tulisan saya di WA dengan di blog ini ya? Yang bergaris miring adalah sumber saya untuk menulis di blog ini. Ini hanya salah satu contoh awal saja. Selebihnya bisa dikembangkan sesuai dengan ide Anda yang Anda tuliskan di WAG yang dibuat. Selamat mencoba.


Gambar : google.com

4 comments: