Thursday, 7 January 2021

Kamis Menulis: Haruskah Minum Air 8 Gelas Sehari?


Pada #Kamis Menulis hariini bertema "Delapan". Aduh menulis apa ya? Bingung mencari ide menulis, tiba-tiba dapat kiriman video ini dari teman grup.  Wah kebetulan sekali. Akhirnya saya membahas tentang minum 8 gelas air setiap hari.


Kita sering mendengar tentang minum air putih bukan? Kalau ditanya berapa gelas minimum kita harus minum? Secara reflek, barangkali sudah hafal, kita akan menjawab dengan 8 gelas sehari. Tapi benarkah demikian? Di video tersebut ditanyakan demikian. Saya juga jadi bertanya-tanya. Memang salah ya?

Akhirnya saya mencoba untuk mencari beberapa referensi tentang minum air 8 gelas ini. Ternyata memang tidak demikian. Minum air yang disarankan adalah 30cc cx  x berat badan. Jadi tergantung daariberat badan masing-masing. bukan dari jumlah gelasnya tetapi ditentukan dari kondisi badan peminumnya. 

Menurut Mahardini Nur Afifah, di dalam artikelnya "Perlukah Minum Air Putih 8 Gelas Sehari?",menyatakan bahwa banyak orang merekomendasikan minum air putih delapan gelas atau dua liter dalam sehari. Faktanya, kebutuhan air putih atau cairan setiap orang berbeda, tergantung beberapa hal:

1. Aktivitas

2. Kondisi tubuh

3. Suhu udara

4. Kelembaban

5. Intensitas berkemih atau pipis

Para ahli dari Institute of Medicine (IOM) di AS, menyebut kebutuhan cairan setiap individu berbeda-beda. Berikut rata-rata kebutuhannya per hari:
  • Pria dewasa: 13 gelas atau tiga liter
  • Wanita dewasa: 9 gelas atau dua liter lebih sedikit
  • Ibu hamil: 10 gelas atau dua liter lebih sedikit
  • Ibu menyusui: 12 gelas atau nyaris tiga liter
  • Anak dan remaja: 6 sampai 8 gelas atau hampir dua liter
Ada faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi kebutuhan air setiap orang. Misalnya air minum atau cairan perlu ditambah saat aktivitas banyak berada di luar ruangan yang terik. Atau, ketika Anda sedang berolahraga, banyak berkeringat dan berkemih, sedang demam, atau mengalami diare. Tetapi justru sebaliknya denan penderita gangguan jantung atau penyakit ginjal. Mereka perlu membatasi asupan cairannya. Jumlah idealnya bisa dikonsultasikan dengan dokter.

Nah jadi bisa kita simpulkan kebutuhan minum air kita tergantung banyak hal. Minum 8 gelas sehari atau 2 liter bukan takaran yang mutlak. Tetapi tetap melihat manfaat air bagi tubuh kita, jangan sampai kita mengabaikan kebutuhan tubuh kita terhadap air ini.Karena seringkali karena kesibukan akhirnya kebutuhan air kita tidak terpenuhi secara maksimal. 

Terlebih di masa pandemi covid 19. Kalau ini bisa menjadi cara ampuh untuk meningkatkan imun kita. Kenapa tidak kita lakukan? Cara sederhana dan simpel. Hanya tinggal mengubah pola kebiasaan kita saja.

Padahal menurut hellosehat.com ada cara memaksimalkan minum kita. Yakni minum air di saat kita merasa haus. Sehingga kebutuhan air kita akan terpenuhi. Ok salam sehat. Jangan lupa minum  air putihnya ya?


15 comments:

  1. Terimakasih ulasannya menambah pengetahuan baru..... salam sukses Bu

    ReplyDelete
  2. Terima kasih. Menambah wawasan....

    ReplyDelete
  3. Sangat informatif tulisannya, makasih...

    ReplyDelete
  4. Bermanfaat. Terima kasih sudah berbagi.

    ReplyDelete
  5. hehehehe... saya ternyata butuh minum 16 gelas perhari...
    banyak juga yaaa... baik lah dilaksanakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. 13 gelas maksudnya... heheheheheeh
      (sempet-sempetnya revisi komentar)

      Delete
    2. Mantap Pak.Latihan minum banyak he he.

      Delete