Sunday 1 November 2020

Yang Jadul tapi Tetap Mantul

 


Seminggu sudah saya menunda mengeprint berbagai materi dan kebutuhan administrasi sekolah. Ini dikarenakan ada kerusakan pada catridge yang digunakan. Catridge yang sudah diposisikan pada tingkat cetak high,  dari hari ke hari semakin tidak jelas. Sebenarnya sudah dalam perhitungan beberapa bulan setelah penggunaan sistem high maka akan terjadi kerusakan pada catridge.  Ini cukup lumayan bisa memanfaatkannya sampai saat ini. Sebelumnya diletakkan pada sistem normal sudah tidak bereaksi sama sekali. Kini waktuya sudah tiba untuk mengganti sepertinya. Kata teman-temanku saatnya untuk dilembiru (dilempar beli yang baru).

Mengingat memang sangat diperlukan untuk mencetak berbagai dokumen keperluan sekolah maka aku putuskan untuk segera menggantinya. Segera kuhubungi beberapa teman yang biasa bolak-balik ke counter laptop. Tetapi ternyata tidak banyak yang memberi jawaban positif. Katanya tidak ada dalam toko. Setiap kali saya mengatakan saya membutuhkan catridge hitam untuk jenis printer Canon ip 1300 mereka menggeleng. Bukan hanya karena tidak ada tetapi jenis printer yang disebutkan  dalam pasaran sudah jarang ditemukan. Beberapa malah tidak percaya saya masih menggunakan jenis printer type itu. Masih ada to jenis printer sejadul itu? Paling saya cuma tersenyum menanggapinya.

Printer Canon jenis ip 1300 ini memang printer yang saya miliki pertama ketika mulai menggunakan komputer di rumah. Dulu membelinya langsung seperangkat dengan komputernya. Membeli tahun 2007an untuk mencetak berbagai keperluan administrasi sekolah dan kemasyarakatan. Kalau dihitung berarti sudah hampir 13 tahun saya memanfaatkannya untuk berbagai keperluan mencetak. Selama waktu 13 tahun baru berganti 4 catridge dan bukan ganti perangkat printernya. Tiga kali catridge hitam dan 2 kali ganti catridge warna. Sekarang berarti mau ganti catridge hitam yang keempat. Sementara untuk catridge warna saya sekarang tidak membelikannya lagi. Karena lebih sering error ketika pengisian ulang dibandingkan dengan catridge warna hitam. Agak trauma untuk memakainya kembali dan juga memang intensitas memakainya tidak sebanyak catridge hitam.

Kini ada dua pilihan mau berganti printer sekalian atau hanya catridge saja. Beberapa teman menyarankan untuk berganti printer sekalian karena mengingat agak sulit jika membutuhkan  spareparts dan catridgenya. Sementara teman yang lain menyarankan untuk tetap memakainya dan menyimpannya. Ada kenangan walau sudah jadul. Ketika dipikir-pikir lebih lanjut, printer jenis ini termasuk bandel dan tidak rewel dalam perawatannya. Dan ketika mencoba bertanya lewat ahli komputer, mereka pun menyarankan untuk tetap memakainya. Ok deh sabar menunggu catridgenya, saya ambil keputusan untuk memakainya.

Setelah hunting dan menunggu proses pengiriman, akhirnya dua minggu berlalu dan si catridge hitam yang ditunggu sampai di tangan. Alhamdulillah setelah dipasang dapat berfungsi maksimal. Tidak berada di posisi print high lagi tapi sudah normal dan hasilnya pun mantap. Jelas dan lancar. Alhamdulillah keputusan yang diambil tidak salah. Tidak semua barang yang jadul itu ketinggalan. Malah justru sebaliknya yang jadul ternyata tetap mantul. Siap untuk bekerja menyelesaikan tugas dan administrasi sekolah yang tertunda. Terima kasih printer Canon ip 1300 dan terimakasih kepada yang sudah mencoba mencarikan catridgenya. Mantul!!!

No comments:

Post a Comment

Puisi: Rangkaian Cinta untuk Semua

  Uniknya Cinta  Oleh Suyati Andaikan dapat terkatakan  Cinta ini untukmu  Tak pernah lekang tak pernah berkurang  Mengharapmu penuh berkah ...