Friday 20 November 2020

Bunga-Bunga Mekar di Madrasahku

 Pembelajaran lewat daring atau online masih terus berlanjut. Hingga bulan ke 8 dari pertama kegiatan pembelajaran online ini dilaksanakan yaitu di bulan Maret 2020, belum menandakan akan dihentikan. Beberapa kali madrasahku mencoba untuk mempersiapkan pembelajaran luring tetapi selalu terkendala dengan situasi dan kondisiyang memang belum memungkinkan.

Surat undangan pertemuan wali murid, pemberitahuan pembelajaran luring/offline akhirnya harus teronggok kembali diarsip wali kelas karena semua akhirnya dibatalkan. Kekecewaan peserta didik tentu saja tidakbisa disembunyiukan. Apalagi yang baru masuk kelas 7. Sama sekali belum tahu wali kealsnya. mengenal satu-sama lain hanya lewat WA yang tentu saja sangat jauh berbeda secara emosional. 

Untuk mengatasi hal tersebut saya mencoba mengenalkan lingkungan sekolah dengan memposting berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh madrasah selain kegiatan pembelajaran sehari-hari. Di antaranya lomba-lomba yang diikuti peserta didik secara online, peringatan hari-hari nasional dan keagamaan, dan juga tidak lupa mengenalkan lingkungan fisik madrasah. Meski hal tersebut sudah dilakukan secara umum pada saat Mastsama di awal semester. 

Salah satu caranya adalah biasanya saya mengshare gambar/foto-foto bunga yang mekar di madarasah. Bagi yang lain tidak berarti. Tapi karena saya suka pada bunga-bunga biasanya itu menarik saya untuk memotretnya. Daripada saya simpan sendiri biasanya saya share di status WA saya dengan sedikit deskripsi untuk menggambarkan itu berada di madarasah.

Sampai saat ini respon wali murid dan peserta didik positif. Penasaran berada dimana? Darimana bunganya? merupakan kesempatan untuk menjelaskan bunga itu ada di madrasah. Bisa dijelaskan lebih detail dimana tempatnya. Sehingga gambaran peserta didik menjadi lebih lengkap. Dengan demikian mereka tetap mengenal lingkungan madrasah meskipun tidak secara langsung.








No comments:

Post a Comment

Menasehati Tanpa Penolakan

 *ABCo Inspirasi Ramadhan (AIR) VI  Edisi Hari ke-17* *17 Ramadhan 1445 H/Kamis, 28 Maret 2024* "HYPNOPARENTING: menasehati anak tanpa ...