Friday 20 November 2020

Kelas Menulis, Lecutan Semangat untuk Berkarya

 # Resume kuliah ke-16 Belajar Menulis bersama Ibu Rita Wati, S,Kom



Menyimak kuliah malam ini, Jumat, 20 November 2020 bersama Ibu Rita Wati, S.Kom seperti sedang mengulang perjalanan menulis  di blog saya sendiri. Sering terjadi kevakuman setelah membuat blog. Bolak-balik ke blog pada akhirnya kemudian diabaikan dan ditinggalkan.

Dengan datangnya masa pandemi covid 19 ternyata membawa berkah tersendiri kepada Bu Rita. Beliau mulai kembali aktif menulis di blog. Tepatnya sejak bulan April 2020. Meskipun diakuinya belum seaktif sekarang. Baru bertahan 3 postingan kemudian vakum kembali.

Dari sebuah webinar tanggal 27 April 2020 Bu Rita mendapatkan informasi tentang pelatihan menulis yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia. Dari sanalah beliau mulai tertarik untuk bergabung di grup Belajar Menulis yang dipelopori oleh Omjay. Beliau baru bergabung di grup Belajar Menulis Gelombang 10.

Dari belajar meresume di Kelas Belajar menulis ini beliau menjadi aktif menulis kembali. Sehingga beberapa hadiah buku,termos, souvenir lainnya beliau peroleh dari kegiatannya menulis. Bahkan dalam lomba blog rangka memeriahkan HUT RI yang ke -75 beliau berkesempatan mendapat peringkat 8 besar.

Seiring berjalannya waktu, meski awalnya ada keraguan untuk bisa menghasilkan buku solo. Ternyata keraguan dan ketakutannya terjawab dengan mampu menerbitkan 2 buku solo dan 1 calon buku duet dengan Prof Eko, yang sudah dinyatakan diterima tanpa revisi oleh Penerbit Andi. Selain itu juga dari kegiatannya menulis resume pula beliau tanpa diduga berkesempatan menjadi kurator atas ajakan Bu Sri Sugiastuti atau yang kita kenal Bu Kanjeng. menghasilkan 5 buah buku antologi dimana 3 antologi beliau menjadi kurator yaitu the Meaningful True Stories, Senandung Guru Jilid 1 dan 2.



Memang dibutuhkan lingkungan yang mendukung kita. Dengan mengikuti komunitas seperti Belajar Menulis ini beliaumenjadi terpacu/tertantang  untuk untuk menulis dan menerbitkan buku karena melihat teman-teman yang telah berhasil menerbitkan buku. Mari manfaatkan untuk berkarya bersama di Kelas Menulis kita.


12 comments:

  1. selamat dapat bonus dari bu rita, sukses

    ReplyDelete
  2. Mantaaap resume singkat namun padat, selamat atas reward nya...

    ReplyDelete
  3. Terimakasih Bu Suyati. Tetap semangat berkarya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga Bu Rita inspirasinya dan hadiah bukunya. Semoga semakin memberi saya semangat menulis.

      Delete
  4. Cepet sekali ibu nulisnya. Pingin belajar banyak tentang menulis. Guru muda yg hebat. Sukses ya bu

    ReplyDelete
  5. Terima kasih saya juga baru belajar. Kita belajar bersama di Kelas Menulis.

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Terima kasih apresiasinya. Siap belajar bersama dan berbagi.

      Delete

Greeting and Parting Quiz

Materi Greeting, Parting/Leave Taking, Thanking and Apologizing Greeting Hi Hello Good morning Good afternoon Untuk mengecek pemahaman kalia...