Wednesday 25 November 2020

Serba Serbi HGN di Masa Pandemi



Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2020 terasa berbeda. Banyak yang berubah tentu saja. Upacara peringatan Hari guru yang biasanya cukup meriah diiikuti dengan makan tumpeng bersama seluruh guru dan pegawai sekolah dan siswa tidak bisa dilaksanakan. Upacara dilaksanakan secara virtual dengan mengikuti upacara di satuan pendidikan dengan link zoom. Tentu saja suasana dan kesahduannya berbeda. 

Biasanya kita mendapat ucapan selamat dari siswa secara langsung setelah berlangsungnya upacara. Beragam acara sekolah diadakan untuk meriahkan hari guru tidak ada lagi. Anak-anak terhubung hanya lewat telepon seluler dan WA. Acara-acara yang berkaitan dengan siswa untuk sementara ditiadakan. Kegiatan yang berkaitan dengan hadirnya sisweadi sekolah tidak diperkenankan.

Meskipun demikian tidak mengurangi respon anak terhadap hari Guru. Sebagian besar mengungkapkan terima kasih dan selamatnya kepada guru-guru lewat grup kelas atau japri juga. Terasa benar kerinduan antara guru dan siswa pada hari ini. Mendapat ucapan selamat lewat WA sudah membuat terharu dan mengobati beragam rasa selama pembelajaran online dimasa pandemi ini.

Bagi guru momentum hari Guru tahun ini tentu saja bisa menjadi momen refleksi dan muhasabah diri. Bagaimana guru betul-betul berpengaruh terhadap siswa. Kehadirannya tidak hanya secara fisik tetapi juga komunikasi dan respon menjadi barang yang sangat berharga saat ini. Betapa pertanyaan kabar, kata-kata motivasi, respon dan tanggapan kecil kita terhadap pertanyaan dan pengiriman tugas dari siswa menjadi hal yang luar biasa bagi mereka. Masing-masing saling menguatkan untuk melewati masa pandemi ini dengan tidak menyerah begitu saja.

Berikut beberapa momen-momen yang dirindukan oleh guru dan siswa. Mengharap segera pandemi ini berlalu dan menyongsong hari baru. Before and after pandemi.

before pandemi covid 19








After Pandemi covid 19











No comments:

Post a Comment

Membeli Waktu

Assalamuallaikum warahmatulahi wabarakatuh  Bismillahirrahmanirrahim  Membeli Waktu Pada suatu hari, seorang Ayah pulang dari bekerja pukul ...