Saturday 28 November 2020

Menulis Rapi Sejak Awal

 #Resume Kuliah ke-19 Belajar Menulis Gelombang 8 bersama Yulius Roma Patandean S.Pd


Perkuliahan malam hari ini, Jumat 27 November 2020 sedikit berbeda karena kita menyimak materi lansung dari youtube. Isinya adalah tentang cara menulis dari sejak awal dengan menggunakan fasilitas yang  terdapat di dalam microsoft word. Ibu Aam Nurhasanah dari Lebak Banten, masih bertugas sebagai moderator yang memimpin jalannya diskusi. Adapun narasumbernya adalah Bapak Yulius Roma Patandean, S.Pd. dari Toraja.

Sebelum ke materi kita mengenal lebih dahulu Bapak Yulius Roma terlebih dahulu. Yulius Roma Patandean, S.Pd., lahir di  Tana Toraja, 6 Juli 1984. Lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Kristen Indonesia Toraja (2007). Pendidikan S2 di Institut Agama Kristen Negeri Toraja (2019 - Sekarang). Saat ini mengajar di UPT SMAN 5 Tana Toraja, Prov. Sulawesi Selatan. Pernah menjadi pengajar tidak tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia Toraja, Tutor Universitas Terbuka dan Fasilitator Belajar Yayasan Trampil Indonesia. 

Buku yang telah berhasil beliau tulis adalah : 
  1. Guru Menulis Guru Berkarya (Penerbit Eduvation, 2020); 
  2. Digital Transformation: Generasi Muda Indonesia Menghadapi Transformasi Dunia (Penerbit ANDI, 2020); 
  3. Flipped Classroom (Penerbit ANDI, 2020). 
Dua buku terakhir adalah buku yang ditulis bersama Prof. Richardus Eko Indrajit (Rektor Universitas Pradita, Ketua PGRI Smart Learning and Character Center).

Secara lengkap materi tentang menulis rapi dari awal dapat disimak melalui video berikut ini.


Cara ini bagi saya adalah sesuatu yang baru. Efektif dan efisien. Bagaimana saya biasanya harus mengedit manual posisi dan urutan daftar isi, memisahkan halaman Bab 1 pendahuluan dan Bab berikutnya dengan pelengkap buku seperti halaman judul, kata pengantar, daftar isi,karena perbedaan jenis page number.

Cara ini memang kuncinya adalah sering dipraktekkan. Karena jika tidak digunakan manfaatnya tidak akan terasa. Apalagi akhirnya masuk ke wilayah lupa. Saya mencoba memenuhi tantangan membuat layout dari buku yang saya ambil dari PTK saya. Ternyata memerlukan waktu yang cukup lama karena harus memperhatikan video baru kemudian diterapkan secara berahap. Alhamdulillah dapat menyelesaikannya dalam waktu setengah hari. Dan dapat masukan yang berharga dari Pak Yulius ketika mengumpulkannya.



Jika ingin mempraktekkannya silahkan saksikan video yang telah saya sajikan di blog ini. Karena proses semacam ini sulit jika hanya ditulis harus menyaksikan lansung dan terapkan pada tulisan kita. Selamat mencoba. Terima kasih kepada Pak Yulius Roma dengan ilmu yang baru dan luar biasa bagi saya. Semoga semakin memotivasi saya untuk dapat membuat buku. 



No comments:

Post a Comment

AIR #26 Ketika Engkau Merasa Lelah dalam Kebaikan

 KETIKA ENGKAU MERASA LELAH DALAM KEBAIKAN Oleh : Aris Ahmad Jaya Teruslah berbuat baik meski engkau merasa lelah. Karena sesungguhnya lelah...