Sunday 28 April 2024

Sebab Kenakalan pada Anak

 5 Sebab Kenakalan Pada Anak


Tidak semua anak menurut terhadap kedua orangtuanya. Terkadang ada anak yang susah diatur, membantah orangtuanya, berbicara dengan nada keras terhadap orangtuanya, sampai ada anak yang berani memukul kedua orangtuanya.


Lalu apa saja yang menyebabkan nakalnya seorang anak?


1️⃣ Orangtua jauh dari agama


أَمَّا أَحَدُهُمْ فَأوَى إِلَى اللهِ فآوَاهُ اللهُ إِلَيْهِ . وَأمَّا الآخَرُ فاسْتَحْيَى فَاسْتَحْيَى اللهُ مِنْهُ ، وأمّا الآخَرُ ، فَأعْرَضَ ، فَأَعْرَضَ اللهُ عَنْهُ


Artinya: _“Yang pertama, ia berlindung kepada Allah, maka Allah pun melindunginya. Yang kedua, ia malu, maka Allah pun malu terhadapnya. Sedangkan yang ketiga, ia berpaling maka Allah pun berpaling darinya.”_ (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari, no. 66 dan Muslim, no. 2176)


Jadi ketika orangtua datang dalam majelis ilmu yang diisi oleh seorang yang alim terhadap ilmu, maka orangtua mendapatkan kebaikan yang akan berdampak baik untuk orangtua itu sendiri maupun untuk anaknya


Sedangkan yang menjauhinya, akan jauh dari kebaikan. Nafkah suami pada istri dan anak belum cukup, jika belum dibimbing pada ilmu agama, maka istri dan anak belum bisa mendapatkan kebaikan.


2️⃣ Lingkungan dan teman yang buruk


Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi  wa sallam bersabda,


الْمَرْءُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ


Artinya: _“Seseorang akan mencocoki kebiasaan teman karibnya. Oleh karenanya, perhatikanlah siapa yang akan menjadi teman karib kalian.”_ (HR. Abu Daud, no. 4833; Tirmidzi, no. 2378; dan Ahmad, 2:344. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)


Semakin baik lingkungan sekitar anak, pasti akan mendukungnya pula dalam kebaikan.


3️⃣ Perlakuan yang buruk dari orangtua


Allah telah memerintahkan kepada kita,


وَقُولُوا لِلنَّاسِ حُسْنًا


Artinya: _“Serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia.”_ (QS. Al-Baqarah: 83)


Didikan kasar secara fisik dari orangtua ataupun didikan kasar secara lisan akan menjadikan anak juga memiliki akhlak yang sama dengan orangtuanya.


4️⃣ Perselisihan orangtua


Melihat pertengkaran kedua orangtuanya secara langsung, menjadikan anak kesal dan marah. Kemudian anak juga akan melampiaskan emosi tersebut ke hal lain, termasuk dalam bentuk kenakalan. 


5️⃣ Tayangan film kekerasan


Jika anak salah mengartikan dalam hal tayangan film, akan menjadikan anak mengikuti apa yang diadegankan pada film tersebut. Lalu anak akan mempraktikkannya di dunia nyata.


Sumber:rumaysho.com


No comments:

Post a Comment

Bila Kehidupan Tak Terarah

“Hati yang kacau tidak menentu, tidak ada yang bisa memperbaikinya kecuali menghadapkan hati itu kepada Allah.” [Ibnul Qoyyim]. Sufyan bin U...