Wednesday 17 April 2024

Pertolongan Allah

 🌾Bulir Ibrah dan Hikmah🌾


Dinukil dan diselia dari

"Pertolongan Allah"

@insyirah, 2 Mei 2024


وَا سْتَعِيْنُوْا بِا لصَّبْرِ وَا لصَّلٰوةِ ۗ وَاِ نَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَ 

_"Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (sholat) itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,"_ (QS. Al-Baqarah : 45)


Pertolongan Allah tidak selalu datang dalam bentuk "Diselesaikannya langsung masalahmu, diberinya langsung engkau jalan keluar", namun bisa jadi dalam bentuk "Diberinya engkau hati yang sabar". 


Ya. Pertolongan Allah kepada seseorang untuk bersabar, itu juga termasuk kemudahan yang mesti disyukuri. Apabila Allah menolong kita untuk bisa bersabar, maka menjadi ringanlah bagi kita urusan-urusan yang sulit.


 Sehingga urusan sulit yang apabila diturunkan kepada gunung niscaya akan menghancurkannya, akan menjadi mudah.


Hati yang sabar tak mudah dimiliki oleh semua orang, maka saat kita mampu bersabar  keadaan apapun yang kita hadapi, maka bersyukurlah. Semoga Allaah senantiasa karuniakan hati yang sabar untuk kita dan segera memberi jalan keluar dari setiap hal yang menjadi masalah, ujian, dan kekhawatiran kita dalam kehidupan di dunia ini.


 _Aamiin yaa Rabbi._


"Musa berkata kepada kaumnya, "Mohonlah pertolongan kepada Allah dan bersabarlah. Sesungguhnya bumi (ini) milik Allah; diwariskan-Nya kepada siapa saja yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya. Dan kesudahan (yang baik) adalah bagi orang-orang yang bertakwa." (QS. Al-A'raf : 128)

"...


"Kapankah datang pertolongan Allah?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat."_ (QS. Al-Baqarah: 214)


Sebagian tulisan bersumber dari Tafsir Juz Amma, surah Al Insyirah, karya Syaikh Muhammad bin Shalih Al- Utsaimin _hafidzhahullaah_


🌾Mari Berdoa🌾


اَللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو، فَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ، لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ أَنْتَ


_Allaahumma rohmataka arjuu, falaa takilnii ilaa nafsii thorfata 'ain, wa ashlih lii sya'nii kullah, laa ilaaha illaa anta._


Ya Allah, rahmat-Mu yang aku harapkan, maka jangan Engkau serahkan urusanku kepada diriku meskipun sekejap mata (tanpa pertolongan atau rahmat dari-Mu). Perbaikilah seluruh urusanku, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Engkau.

(HR. Abu Dawud 4/324)

No comments:

Post a Comment

Sebab Kenakalan pada Anak

 5 Sebab Kenakalan Pada Anak Tidak semua anak menurut terhadap kedua orangtuanya. Terkadang ada anak yang susah diatur, membantah orangtuany...