Friday 26 April 2024

Parenting: Menanamkan Fitrah Pada Anak

  Menanamkan Fitrah Pada Anak

Banyak hal yang menyebabkan seorang anak tidak tumbuh kembang sesuai fitrahnya seperti laki-laki yang tidak menjadi laki-laki atau perempuan yang tidak sesuai dengan sifat perempuannya. Hal seperti itu bisa terjadi karena lingkungan, pergaulan, maupun faktor  keluarga.

Mengapa faktor keluarga ikut andil dalam hal ini? Contohnya saja dengan orangtua memberikan pakaian anak yang tidak sesuai dengan jenis kelaminnya. Hal ini akan membuat anak terbiasa untuk mengenakan apa yang sudah menjadi kebiasaan dari orangtuanya. 


أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لَعَنَ الرَّجُلَ يَلْبَسُ لُبْسَةَ الْمَرْأَةِ وَالْمَرْأَةَ تَلْبَسُ لُبْسَةَ الرَّجُلِ


Artinya: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat laki-laki yang memakai pakaian wanita, begitu pula wanita yang memakai pakaian laki-laki.” (HR. Ahmad no. 8309, 14: 61)


Maka dari itu, tugas orangtua adalah memberikan pakaian sesuai dengan jenis kelamin anak. Sehingga mereka akan terbiasa berperilaku sesuai fitrahnya. Orangtua harus menjadikan mereka sesuai jenis kelaminnya.

Tanamkan pada anak sifat dan jiwa lelaki pada anak laki-lakinya dan jiwa wanita pada anak perempuannya.


🔎 Sumber: @parenting_islam.id (Instagram)

No comments:

Post a Comment

Membeli Waktu

Assalamuallaikum warahmatulahi wabarakatuh  Bismillahirrahmanirrahim  Membeli Waktu Pada suatu hari, seorang Ayah pulang dari bekerja pukul ...