Monday 13 March 2023

Persiapan Jelang Ramadan


BERSIAP MENANTI RAMADHAN TIBA

*Ramadhan segera datang.* _Mari kita persiapkan diri sebaik-baiknya dengan niat, doa dan ilmu agar berbagai keutamaan Ramadhan yang Allah turunkan bisa kita raih.._


*- Didik diri dan biasakan takwa dari sekarang*. Kalau sekarang gak biasa baca Alquran, maka Ramadhan akan sulit baca Alquran. _Mulai dari sekarang perbaiki ibadah._ Kebiasaan baik juga harus berlanjut terus setelah Ramadhan.


*- Waspada dari memutus silaturahim.* Sebelum Ramadhan segera sambung silaturahim dengan orang yang pernah kita ada masalah dengannya. Karena kalau tidak akan mencukur pahala kita.


*- Bersihkan hati kita*. _Jangan sampai saat masuk Ramadhan hati kita masih diisi dengki, sombong, hasad, suudzon dll._ Untuk menghilangkan dengki banyak mendoakan orang yang kita dengki kepadanya. 


*- Kurangi menghabiskan waktu untuk hal yang tak bermanfaat*. Perbanyak baca Alquran, ikuti kajian online yg tersedia. Harus punya target di Ramadhan. Kalau ada target kita bisa mengatur waktu kita. 


_- Segera lunasi hutang puasa Ramadhan yang belum dibayar. Ini hukumnya wajib._


*- Aktivitas baca Alquran harus ditingkatkan.* Karena ramadhan itu bulannya Alquran. _Rasulullah setiap malam tadarus Alquran dengan malaikat Jibril._ Pelajari juga Alquran.


*- Ramadhan sangat dianjurkan shalat tarawih karena pahalanya besar.* Jangan sampai lewatkan shalat tarawih. Perbanyak Shalat malam juga.


*- Dari sekarang perbanyak doa dan hapalkan doa yang diajarkan Rasulullah*. Bulan Ramadhan waktu yang mustajab doa, jadi perbanyak doa. 


*- Dari sekarang biasakan agak lama duduk dalam beribadah.* Untuk mempersiapkan diri menuju itikaf. Saat itikaf perbanyak ibadah, dzikir, dan doa.


_- Perbanyak puasa sunah di bulan Syaban sebagai latihan._


*- Siapkan uang untuk memberi makan orang miskin dan bersedekah.* Rasulullah adalah orang yang sangat dermawan, dan makin dermawan saat Ramadhan. _Sedekah di waktu mulia pahalanya akan dilipatgandakan._ Berlomba-lomba untuk memberi orang lain makanan berbuka puasa.

 

*- Kurangi makan saat bulan Syaban, jangan makan sampai kenyang*. Jika terlalu kenyang maka badan jadi berat, _kuat syahwatnya dan lemah ibadahnya._


_- Jangan biasakan begadang untuk hal yang tidak bermanfaat._


*- Dari bulan Syaban kurangi tidur malam*. Agar bisa bangun solat tahajud dan ibadah malam. Karena saat Ramadhan para sahabat kurang tidur dan 10 hari terakhir mereka tidak tidur untuk itikaf. *Jemput malam Lailatul Qadar.*


- Biasakan ibadah yang kita belum biasa. Coba kita saat beraktivitas di rumah sambil berdzikir, jika biasanya sambil bernyanyi, kita ubah dgn banyak berzikir/shalawat.


*- Mulai sekarang disiplin dalam waktu.* Jika ada target maka harus disiplin waktu. 


*-Segera menyelesaikan pekerjaan* yang boleh jadi (jika tidak segera diselesaikan) dapat mengganggu kesibukan ibadah seorang muslim di bulan Ramadhan.


*- Jangan biasakan sering pergi ke pasar saat Ramadhan. Mencicil kebutuhan Ramadhan lebih awal adalah pilihan bijak*  Karena pasar itu tempatnya setan. 

Wallahu'alam...

No comments:

Post a Comment

Membeli Waktu

Assalamuallaikum warahmatulahi wabarakatuh  Bismillahirrahmanirrahim  Membeli Waktu Pada suatu hari, seorang Ayah pulang dari bekerja pukul ...