Saturday 8 April 2023

Kain Kafan Pengingat Diri

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh


PERBANYAK MELIHAT KAIN KAFAN, UNTUK MENGURANGI NAFSU MEMBELI PAKAIAN BARU


Jika menuruti trand, style, gengsi dan hawa nafsu, maka tak akan pernah ada habisnya.


Bahkan jika kita melihat setiap pakaian yang berjejer di toko pun rasanya ingin kita memiliki semua.


Itulah dunia, kita tidak akan pernah merasa terpuaskan olehnya, hingga akhirnya jasad kita terkubur tanah.


Oleh karena itu sebagai seorang yang beriman, hendaknya kita bisa mengendalikan hawa nafsu, yaitu membeli baju sesuai dengan kebutuhan, bukan sesuai model, trend apa lagi dijadikan koleksi.


Ingatlah bahwa semua itu sewaktu-waktu akan kita tinggalkan, dan hanya kain kafan yang akan kita kenakan.


Sebab itu jadilah pribadi yang SELALU BERSYUKUR, atas segala rahmat dan karunia yang telah Allah berikan selama semua itu masih dapat kita nikmati.


Sebab dengan bersyukur kita dapat dijauhkan dari sifat gengsi, boros, haus pujian dan kita akan lebih menghargai keadaan dan apapun yang kita miliki.


Sebaliknya sifat cepat bosan adalah termasuk akhlak yang buruk, karena dengannya dapat melahirnya sifat boros dan menimbulkan banyak keinginan serta tidak mensyukuri nikmat yang ada.


'Amr bin al-'Aash radhiallahu 'anhu berkata:


لاَ أَمَلُّ ثَوْبِي مَا وَسِعَنِي وَلاَ أَمَلُّ زَوْجَتِي مَا أَحْسَنَتْ عِشْرَتِي وَلاَ أَمَلُّ دَابَّتِي مَا حَمِلَتْ رَحْلِي ( 4 ) إِنَّ الْمِلاَلَ مِنْ سَيِّئِ الأَخْلاَقِ


_"Aku tidaklah bosan kepada bajuku selama masih cocok buatku, dan aku tidaklah bosan kepada istriku selama ia masih baik mempergauliku, dan aku tidaklah bosan terhadap tungganganku selama masih memikulku, sesungguhnya bosenan termasuk akhlak yang buruk"_

(Tahdziibul Kamaal 22/81, Siyar A'laam An-Nubalaa 3/57, Taarikh Dimasyq 46/183)


Semoga kita termasuk bukan orang-orang yang mudah bosenan, selama itu masih dapat kita nikmati maka sudah selayaknya kita syukuri.


Barakallahufikum 

No comments:

Post a Comment

Membeli Waktu

Assalamuallaikum warahmatulahi wabarakatuh  Bismillahirrahmanirrahim  Membeli Waktu Pada suatu hari, seorang Ayah pulang dari bekerja pukul ...