Thursday 19 January 2023

Usaha Maksimal Hasil Optimal

Sumber gambar : Listen Notes podcast

Setiap tujuan atau cita-cita yang kita inginkan pasti ingin terwujud. Untuk mencapainya tentu dibutuhkan usaha, doa dan pengorbanan dan kesabaran untuk dapat memberikan hasil yang optimal . 

Sebuah usaha kadang tidak selalu sesuai dengan apa yang kita rencanakan. Ada saja rintangan, hambatan dan kendala saat melakukannya. Kadang malah harus sampai jatuh bangun untuk mencapainya. Dan  seringkali itu tidak sebentar, berulang kali. Tetapi apakah suatu usaha harus berhasil? Menurut saya iya. Berhasil dalam perspektif yang sedikit berbeda. Orang lain mungkin menganggapnya sebagai sebuah kegagalan tetapi jika kita lihat dan kaji lebih jauh sebenarnya ia merupakan suatu keberhasilan juga. 

Tetapi hasilnya tidak selalu material. Bahkan gagal pun merupakan hasil yang terbaik. Ia akan memberikan kita pelajaran-pelajaran penting yang tidak akan kita ulang pada langkah-langkah berikutnya. Itulah letak keberhasilannya. Kita mendapatkan ilmu. Kita mendapatkan pengalaman. Kita mendapatkan hal-hal positif dalam perjalanan usaha kita.



Menikmati setiap langkah usaha meskipun tidak seindah dan selancar harapan kita namun pada akhirnya keberhasilan juga yang akan kita peroleh. Itulah indahnya usaha maksimal.   Ia akan mendatangkan hasil yang optimal meskipun bukan berkaitan dengan material. Kita mungkin kehilangan banyak materi dalam proses usaha kita tetapi kita mendapatkan feedback nonmaterial yang luar biasa kita sebenarnya berhasil dalam usaha kita. Dan itu lebih mahal, lebih berharga, dan lebih berarti daripada sekedar keberhasilan material.

Hanya diperlukan kesabaran untuk melewati usaha-usaha yang kita lakukan. Menjalani, menikmati dan mensyukurinya. Pada akhirnya kita akan berkata Eureka! Inilah hasilnya! Kita akan jauh dari putus asa karena usaha yang optimal akan mengarahkan pada susunan puzzle-puzzle yang klik sesuai. Meskipun awalnya kita menganggapnya tidak sesuai dengan yang kita rencanakan Itulah rencana Allah SWT. Indah pada waktunya. 

Kita hanya harus terus berusaha menyusun puzzle-puzzle kehidupan. Allah akan memimpin pada jalan yang kadang tidak kita pikirkan dan menjadi sebuah puzzle keberhasilan. Menjadi sebuah puzzle yang kita inginkan. Hanya sabar menjalaninya. Potongan-potongan puzzle itu adalah usaha kita. Puzzle yang utuh dan sesuai adalah hasil yang tampak. Sedangkan waktu, ketelitian, ide, yang muncul saat menyusun potongan-potongan puzzle adalah proses. Kita sabar tidak hingga puzzle utuh dan sesuai gambaran awal terbentuk? 

Jika kita sabar maka akan terbentuk puzzle indah sesuai harapan kita. Tetapi jika kita sabar maka akan kita tinggalkan saja puzzle tersebut beratantakan. Itulah kegagalan. Kita tidak mau menjalani usaha. Itulah hakikat kegagalan yang sesungguhnya. Karena kita tidak mendapatkan apa-apa. Hasil tidak, prosesnya juga tidak. Bagaimana masih mau melakukan menjalankan usaha maksimal atau mau menyerah di tengah jalan, membiarkan puzzle berantakan? Semua pilihan ada di tangan kita. It's your choice! It's on your hand.

Gambar: Asal Usil



12 comments:

  1. Keren...berbagi cerita. Betul sekali...kita sebagai manusia sdh berusaha dan ikhtiar . Tinggal menunggu hasil yg diinginkan !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, jalani, nikmati usahanya. Hasil menjadi rahasia -Nya.

      Delete
  2. Setuju, perlu upaya lebih untuk mendapatkan hasil.

    ReplyDelete
  3. Setiap mau berusaha .. in Sya ,Allo akan ada hasilnya.. aamiin..

    ReplyDelete
  4. Waw kerennn tulisannya bagus tata letaknya jg bagus. Mau dong ada burung yg terbangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. Boleh pelihara burungnya. Ada tutorialnya di blog ini.

      Delete
  5. Sangat inspiratif, semoga kita semua dapat menyelesaikan puzzle-puzzle kehidupan dengan berusaha dan berdoa.

    ReplyDelete
  6. Inspiratif sekali. Kegagalan adalah kesuksesan di sisi lain..

    ReplyDelete
  7. Terima kasih. Betul Ambu, hanya harus menggeser pola pikir kita saja.

    ReplyDelete

Membeli Waktu

Assalamuallaikum warahmatulahi wabarakatuh  Bismillahirrahmanirrahim  Membeli Waktu Pada suatu hari, seorang Ayah pulang dari bekerja pukul ...