Banyak siswa mengalami kesulitan ketika mengerjakan soal bahasa Inggris. Hal yang sering mereka ungkapkan adalah karena tidak mengetahui artinya, padahal jika lebih teliti pertanyaan dalam bahasa Inggris sudah terbantu dengan kata kunci pada soal itu sendiri. Tetapi sayangnya banyak tidak diketahui oleh siswa.
Kecenderungan siswa menejemahkan semua teks dan jawaban yang disediakan. Hal tersebut tidak mungkin dilakukan karena pasti akan bertemu dengan kata yang masih asing dan baru.
Jika sudah demikian, yang muncul pada anak adalah ketidak percayaan diri menurun dratis. Mereka beranggapan bahwa bahasa Inggris itu sulit. Nah inni akibatnya lebih luas lagi. Keingitahuan mereka terhadap teks dan menemukan jawaban yang tepat semakin berkurang. Lebih bahaya kan?
Maka pada kesempatan ini sueinggris ingin membuat sebuah ringkasan materi yang dapat membantu siswa mengatasi hal tersebut. Mari kita mulai
Jenis teks
Bagaimana menentukan jenis teks sehingga kita akan dapat menjawab pertanyaan terkait dengan secara mudah dan tepat? Silahkan kalian simak penjelasan sueinggris berikut.
1. Amati penggunaan kata kerja di dalamnya
# Menggunakan Verb 1 /(V1+s) atau is/am/are
Jika kalimat tersebut berisi ciri tersebut maka ada 2 kemungkinan teks, yakni teks deskriptif (descriptive text) atau report text. Lalu bagaimana cara membedakannya?
a. Descriptive text : ada penyebutan nama panggilan, example: my friend, Dina;
: Gembiraloka Zoo,
: Monumen Nasional (Monas),
: Si Putih, my cat
b. Report text : Tidak ada penyebutan nama. Semua bersifat umum atau general.
example: Cats
: Zoo
: Monumen
: etc
# Menggunakan Verb 2 atau was/were
Jika kalimat tersebut berisi ciri tersebut maka ada 2 kemungkinan teks, yakni recount text atau narrative text. Lalu bagaimana cara membedakannya?
c. Recount text : Berisi cerita pengalaman yang benar-benar terjadi atau biografi seseorang.
example: RA Kartini
: My Trip to Yogyakarta
: Unforgettable Experience in Bali
d. Narrative text : Dongeng atau cerita yang dibuat-buat, cerita fantasi, tidak nyata atau benar-benar terjadi.
example: Tangkuban Perahu (Downside Boat)
: Cinderella
: Cindelaras
e. Procedure texts : berisi tentang langkah-langkah melakukan sesuatu, melakukan instruksi atau petunjuk operasional suatu barang/benda.
# Menggunakan kata kerja perintah/ affirmative,
#ada ingredients/ bahan / komposisi, langkah-langkah /steps.
example: How to Operate Blender
: Cooking Fried Chicken
: How to Stop Nose Bleeding
2. Tujuan teks
Pertanyaan tujuan bisa menggunakan kata:
- purpose
- aim
- goal
- intention
- advantage
- why the writer write the text?
Membedakan tujuan berbagai teks:
a. descriptive text : to describe ...
b. report text : to describe/to show ... in general
c. procedure text: procedure to make ...
: instruction to do ...
: guidance to make/do ...
: how to ...
d. recount text: to tell ...
: to tell experience
e. narrative text: to entertain/to amuse the readers
f. label : to give detail information
: to know information about ...
g. announcement: to announce ...
: to invite ...
: to give information about ...
h. advertisement: to advertise ...
: to promote ...
: to persuade ...
#Pertanyaan tentang reference (refer to ...)
caranya: carilah kata kutipan yang mengandung kata yang ditanyakan. Mundurlah satu langkah, bisa dalam satu kalimat atau satu kalimat sebelumnya.
example: An elephant has a long nose. It also has big ears.
What does the word 'it' refer to?
Ada 2 kemungkinan an elephant atau long nose. Tetapi sesuai konteks Ini juga mempunyai telinga yang lebar. maka kata it (ini) menggantikan an elephant.
# Pertanyaan tentang topik atau tentang apakah teks tersebut?
Maka mencari jawaban dengan fokus di paragraf pertama. Apa yang diceritakan pada paragraf tersebut.
# Pertanyaan tentang langkah detail pada procedure teks
What you do after/before ...?
maka carilah kata kunci di belakang ... di bagian bacaan, masuk langkah berapa. Kemudian tentukan sesuai pertanyaan, setelah atau sebelumnya. Jika before berarti mundur 1 langkah. Jika after berarti maju 1 langkah sesudahnya.
# Menanyakan persamaan kata
Kata yang sering digunakan untuk menanyakan persamaaan kata adalah:
- synonym
- similar word
- the closest in meaning
- can be replaced to ...
Cara menyelesaikan adalah artikan kata-kata yang kita ketahui pada teks. Biarkan (...) diganti dengan kata pilihan yang disediakan. Pilihlah yang sesuai dan tepat.
Demikian beberapa ulasan pertanyaan soal-soal bahasa Inggris yang sering muncul pada latihan.
Berikut sue-inggris tambahkan kosakata umum agar pertanyaan mudah kalian pahami. Selamat belajar. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.
DAFTAR
KOSAKATA UMUM (GENERAL VOCABULARY)
No. |
Vocabulary |
Meaning |
No. |
Vocabulary |
Meaning |
1 |
about |
tentang |
36 |
how |
bagaimana |
2 |
above |
Di atas |
37 |
How old |
Berapa umur |
3 |
According to |
Sesuai dengan |
38 |
How long |
Berapa
panjang/lama |
4 |
And |
Dan |
39 |
How many |
Berapa banyak (T) |
5 |
Answer |
Jawablah/jawaban |
40 |
How much |
Berapa banyak
(TT) |
6 |
Anthonym=opposite |
Lawan kata |
41 |
How often |
Berapa sering |
7 |
Arrange |
Susunlah |
42 |
How large |
Berapa luas |
8 |
Arrangement |
Susunan |
43 |
Main idea |
Gagasan utama |
9 |
Based on |
Berdasarkan pada |
44 |
match |
pasangkan |
10 |
Below |
Di bawah |
45 |
mention |
sebutkan |
11 |
Above |
Di atas |
46 |
meaning |
arti |
12 |
Box |
Kotak |
47 |
means |
berarti |
13 |
Blank |
Tempat kosong/titik-titik |
48 |
paragraph |
Alinea/paragraf |
14 |
Choose |
Pilihlah |
49 |
question |
pertanyaan |
15 |
Complete |
Lengkapilah |
50 |
sentences |
Kalimat |
16 |
Correct= true |
Benar |
51 |
Word |
kata |
17 |
False =incorrect |
Salah |
52 |
rearrange |
Susunlah kembali |
18 |
Dialogue |
Percakapan |
53 |
table |
tabel |
19 |
Except |
Kecuali |
54 |
statement |
pernyataan |
20 |
Express |
Mengungkapkan |
55 |
mention |
sebutkan |
21 |
Expressions |
Ungkapan |
56 |
Suitable |
Cocok |
22 |
Fill in |
isilah |
57 |
proper |
tepat |
23 |
what |
Apa |
58 |
Synonym =similar |
Persamaan kata |
24 |
Where |
Kemana/dimana |
59 |
following |
berikut |
25 |
When |
Kapan |
60 |
Underlined |
Bergaris bawah |
26 |
Who |
Siap |
61 |
translate |
Terjemahkan |
27 |
Whose |
Milik siapa |
62 |
because |
karena |
28 |
Which |
Yang mana |
63 |
all |
semua |
29 |
What time |
Jam berapa |
64 |
most |
Sebagian besar |
30 |
Why |
Mengapa |
65 |
Refer to |
Mengacu/mengganti |
31 |
into |
menjadi |
66 |
Tell |
menceritakan |
32 |
look |
lihatlah |
67 |
called |
disebut |
33 |
read |
Bacalah |
68 |
for |
untuk |
34 |
passage |
bacaan |
69 |
from |
dari |
35 |
text |
teks |
70 |
Written for … |
Ditulis untuk… |
KOSAKATA
UMUM PART 2
No. |
Kosakata |
Arti |
No. |
Kosakata |
Arti |
1 |
about |
kira-kira, hampir atau tentang |
61 |
into |
Ke dalam |
2 |
after |
lama, kemudian, sesudah itu. |
62 |
just |
hanya atau tepat |
3 |
again |
lagi, sekali lagi |
63 |
know |
tahu |
4 |
air |
udara |
64 |
large |
besar |
5 |
all |
semua |
65 |
last |
terakhir |
6 |
along |
sepanjang atau terus |
66 |
left |
meninggalkan |
7 |
also |
juga |
67 |
like |
menyukai |
8 |
an |
sebuah atau satu |
68 |
line |
garis atau batas |
9 |
and |
dan |
69 |
little |
kecil atau sedikit |
10 |
another |
yang lain |
70 |
long |
penjang |
11 |
any |
Beberapa atau Yang mana saja |
71 |
look |
kelihatannya |
12 |
around |
keliling atau sekitar |
72 |
made |
membuat |
13 |
as |
Sebagai, seperti atau sambil |
73 |
make |
membuat |
14 |
away |
jauh |
74 |
man |
lelaki |
15 |
back |
punggung |
75 |
many |
banyak |
16 |
because |
karena |
76 |
may |
mungkin |
17 |
before |
sebelum |
77 |
me |
saya |
18 |
below |
dibawah |
78 |
men |
para lelaki |
19 |
between |
diantara |
79 |
name |
nama |
20 |
both |
keduanya |
80 |
never |
tidak pernah |
21 |
but |
tetapi |
81 |
new |
baru selanjutnya |
22 |
by |
oleh atau dengan |
82 |
next |
selanjutnya |
23 |
came |
datang |
83 |
now |
sekarang |
24 |
can |
bisa atau dapat |
84 |
number |
nomor |
25 |
come |
datang |
85 |
off |
mati atau padam |
26 |
could |
dapat |
86 |
old |
tua atau usang |
27 |
day |
hari |
87 |
one |
satu |
28 |
did |
melakukan |
88 |
only |
hanya |
29 |
different |
berbeda |
89 |
or |
atau |
30 |
do |
melakukan |
90 |
over |
berakhir |
31 |
does |
melakukan |
91 |
part |
bagian |
32 |
each |
setiap atau masing – masing |
92 |
people |
orang – orang |
33 |
end |
akhir atau ujung |
93 |
place |
tempat |
34 |
even |
bahkan |
94 |
put |
menaruh |
35 |
every |
setiap |
95 |
read |
membaca |
36 |
few |
sedikit atau beberapa |
96 |
right |
kanan atau hak |
37 |
find |
menemukan |
97 |
same |
sama |
38 |
first |
pertama |
98 |
saw |
meilihat |
39 |
for |
untuk |
99 |
say |
berkata |
40 |
found |
menemukan |
100 |
see |
melihat |
41 |
from |
dari |
101 |
she |
dia perempuan |
42 |
get |
memperolah |
102 |
should |
harus |
43 |
give |
memberikan |
103 |
show |
menunjukkan |
44 |
go |
pergi |
104 |
small |
kecil |
45 |
goog |
bagus atau baik |
105 |
so |
jadi, begitu atau demikian |
46 |
great |
luar biasa |
106 |
something |
sesuatu |
47 |
had |
memiliki |
107 |
sound |
suara atau dengar |
48 |
has |
memiliki |
108 |
still |
masih |
49 |
have |
memiliki |
109 |
take |
mengambil |
50 |
he |
dia laki laki |
110 |
tell |
menceritakan |
51 |
help |
menolong atau bantuan |
111 |
than |
daripada |
52 |
her |
dia perempuan |
112 |
them |
mereka |
53 |
here |
disini |
113 |
then |
lalu |
54 |
him |
dia laki laki |
114 |
there |
disana |
55 |
home |
rumah |
115 |
these |
ini |
56 |
house |
rumah |
116 |
they |
mereka |
57 |
how |
bagaimana |
117 |
thing |
sesuatu atau hal |
58 |
I |
saya |
118 |
think |
berpikir |
59 |
if |
jika |
119 |
thought |
pikiran atau gagasan |
60 |
in |
didalam |
120 |
three |
tiga |
Untuk melatih pemahaman berikut saya berikan link soal. Selamat mencoba.
descriptive text
https://www.liveworksheets.com/fy2084573nu
label
https://www.liveworksheets.com/qh2131224hb
narrative text
https://www.liveworksheets.com/do1485109ik
report text
https://www.liveworksheets.com/gb1605959jn
advertisement
https://www.liveworksheets.com/gq1519869oa
No comments:
Post a Comment