Pembelajaran jarak jauh atau PJJ kita menyebutnya memang sudah dilaksanakan selama hampir dua tahun. Masih tingginya angka konfirmasi positif covid 19 di Indonesia menyebabkan pilihan PJJ online sebagai salah satu solusi pembelajaran saat ini.
Berbagai kendala dan efek negatif PJJ online memang tidak bisa dihindari. Meskipun ada hal positif yang mengikuti. Hal ini dirasakan oleh seluruh bagian terkait dengan pendidikan. Dari mulai peserta didik, guru, wali murid, tenaga kependidikan sampai pada pembuat aturan.
Salah satu hal yang menjadi keluhan dari pelaksanaan pembelajaran online adalah terkait dengan pendidikan akhlak. Di masaera industri 4.0 ini tantangan bagi generasi muda menjadi lebih kompleks. Beberapa dampak nyata abad 4.0 bagi generasi muda di antaranya:
votality (berubah-ubah)
uncertainty (tidak pasti)
complexity ( rumit)
ambiguity (bingung)
Sebagian dari kita sering mengeluhkan berbagai masalah yang ditimbulkan berbagai kesulitan dan masalah dalam menghadapi anak. Seperti yang disampaikan oleh Pak Munif Chotib masalah-masalah yang dihadapi anak sekarang ini adalah:
1. Adiktif gadget
2. Adiktif pornografi
3. Abuse
4. Anti sosial
5. Masalah keluarga
Berkaitan dengan menyiapkan anak di era digital, pak Munif Chotib menggambarkan dengan sebuah pohon. Agama dan akhlak seperti akar bagi sebuah pohon. Ia menjadi dasar dan sumber penyokong tumbuhnya tanaman dengan baik atau tidak. Sementara passion = multiple intelligences laksanan batang bagi sebuah pohon. Sementara kemampuan literasi digital abad 21 merupakan daun/ bagian rimbun dari sebuah pohon.
Selama ini sering muncul keluhan guru bagaimana menilai sikap anak, sementara pembelajaran dilakukan dengan online atau daring. Hal ini menimbulkan kesulitan tersendiri bagaimana menumbuhkan dan mengajarkan akhlak pada peserta didik pada masa pembelajaran daring. Berdasarkan dari Marzano (1985) dan Bruner (1960)
Semakin tinggi pendidikan yang menjadi fokus pendidikan adalah pun berbeda. Attitude atau kita lebih mengenal dengan istilah akhlak utamanya dilakukan sejak dini. Maka di tahap pendidikan PAUD dan SD harus dilakuikan dengan intens. Bagaimana melakukan pembelajaran akhlak pada saat pandemi seperti ini dan pembelajaran dilakukan secara daring?
1. Program apa yang kamu lakukan agar kamu dapat menerapkan akhlak baik tersebut?
Berikut beberapa link video yang bisa digunakan dalam pembelajaran akhlak yang bisa digunakan oleh guru dalam pembelajaran online. Masing-masing video tentu akan berbeda untuk taraf berpikir dan tingkatan usia. Guru juga bisa menambahkan video dari sumber lain dengan menyesuaikan dengan akhlak apa yang ingin digali dalam pembelajaran.
Link video yang bisa digunakan untuk pembelajaran akhlak yang disampaikan dalam webinar ini antara lain:
https://www.youtube.com/watch?v=pPxq2NNttWU
Link video pohon tumbang https://youtu.be/XlsoKVgvmfY
link video burung gereja https://youtu.be/1lcTWyYiEoY
video menyeberang https://youtu.be/o7fvjEFvAuw
Selamat mengeksplor penanaman akhlak anak dalam pembelajaran online. Salam literasi.
Terima kasih onformasinya. Sangat cocok untuk situasi saat ini.
ReplyDeleteBetul pak D. Saya juga jadi mulai mengumpulkan video inspiratif.
DeleteTerimakasih bund.. benar srksli dslam pembelajaran daring kita begitu kedulitsn untuk penanaman akhlak siswa. Melalui vidio kita daoat lskuksn untuk pembrlajaran akhlak.. . Bismilah saya akan mencobanya...
ReplyDeleteAlhamdulillah ikut ini jadi sekarang mulai mengaplikasikannya pada pelajaran.
DeleteMantul tulisannya, Bu. Sangat informatif..
ReplyDeleteTerima kasih Ambu. Mudah-mudahan bermanfaat.
DeleteKeren infomasinya. Jozz. Semangat berkarya
ReplyDeleteTeriama kasih Mister Beje. Tinggal mengaplikasikannya di pembelajaran daring.
Delete