Monday 2 August 2021

Materi Agreement and Disagreement (Setuju dan Tidak Setuju)

 

Sumber gambar: alamy.com

Assalamu'alaikum wr wb. How are you doing? Mrs. Suyati hopes you are well and always happy. Pada pertemuan hari ini kita akan melanjutkan materi di kelas 9 yaitu Expressing Agreement adn Disagreement (Ungkapan Setuju dan Tidak Setuju). 

Ungkapan ini tentu saja familiar dalam bahasa kita sehari-hari. Karena materi ini terkait dengan pendapat kita tentang sesuatu/berbagai hal yang terjadi di sekeliling kita. Misalnya bagaimana pendapatmu tentang vaksinasi? Apakah kalain setuju divaksin atau tidak? Kalau setuju mengapa, kalau tidak tidak setuju juga kita punya alasan. 

Ada beberapa ungkapan yang kta gunakan dalam pemakaian ungkapan setuju dan tidak setuju. 

Expressing Agreement:

1. I agree ( Saya setuju)

2. Absolutely (Tentu saja)

3. You are right. (Itu benar)

4. That's true. (Ya itu benar)

5. You have a point. (Kamu sudah memahaminya)

6. I have no objection (saya tidak bisa menolaknya)

7. I am on the same opinion. ( Saya sependapat)

8. I am with you. (Saya sepakat)


Expressing Disagreement:

1. I don't agree. = Saya tidak setuju

2. I don't think so. = Saya pikir tidak demikian.

3. That's not always true. = Itu tidak selalu benar.

4. No way. = Tidak mungkin

5. I totally disagree. = Saya sepenuhnya tidak setuju/Saya benar-benar tidak setuju

6. I don't think so. (Saya kira tidak seperti itu)

7. I can' t go along with you. (Saya tidak sependapat)

Asking for Agreement and Disagreement:

1. What do you think? = Bagaimana menurut pendapatmu?

2.  How do you feel? = Apa yang kamu rasakan?

3. Do you agree? = Apakah kamu setuju?

4. Do you have anything to say?= Apakah ada sesuatu yang ingin kamu katakan?

Sumber gambar: study english online

Ok bagaimana sudah ada gambaran tentang ungkapan ini dalam keseharian kalian? Mudah kan? Kita lanjut ke topik berikutnya.

Ada beberapa kata atau phrase yang sering digunakan terkait dengan expression of agreement and disagreement. Berikut daftarnya:

1. agree =setuju

2. disagree/don't agree= tidak setuju

3. true/right/correct = benar

4. false=wrong=incorrect = salah

5. doubt = ragu-ragu

6. objection= pilihan

7. no objection = tidak adal pilihan lain

8. completely=absolutely = benar-benar/sungguh-sungguh

9. go along= sepakat/setuju

10. accept = menerima

11. different opinion = pendapat yang berbeda

12. with = dengan

13. i have no idea = tidak ada ide lain/setuju

14. but = tapi

15. quite = cukup

Demikian materi expressions of agreement and disagreement kali ini. Silahkan kalian catat materi tersebut di buku Bahasa Inggris kalian masing-masing. Please write neatly. Ok if there are any questions you can write the question on the comment or you can call via the phone. Thank you very much for the responses. Have a nice day.

Silahkan cek pemahaman kalian setelah membaca dan menyimak materi Agreement and disagreement tersebut dengan mengerjakan soal berikut. Klik link di bawah ini. Good luck.

https://s.id/Agree_disagree

Latihan agreement and disagreement


2 comments:

  1. Assalamualaikum wr.wb.
    Saya Naela Sri Hayatun 9A Bu,mohon maaf mengganggu waktunya 🙏🙏
    Itu tabel nya agak kurang jelas bu🙏🙏

    ReplyDelete

Mandi dengan Anak, Bagaimana Hukumnya?

 Hukum Orangtua Mandi Dengan Anak Banyak orangtua yang terbiasa mengajak anak-anak mereka yang masih kecil untuk mandi bersama. Salah satu t...