Wednesday 26 May 2021

GERHANA BULAN

Peristiwa gerhana bulan 🌒 malam ini terasa berbeda. Bukan hanya karena peristiwa ini terjadi pada sekian puluh tahun tetapi juga karena malam ini takmir masjid akan mengadakan shalat gerhana secara berjamaah. 

Kesempatan peristiwa gerhana bulan total ini menjadi kesempatan untuk memperkenalkan hal baru kepada anak-anak kita tentang berbagai peristiwa yang terjadi terkait dengan alam. 

Dari pagi saya sudah sudah menceritakan akan rencana shalat gerhana di masjid. Hal ini memicu keingintahuan anak tentang gerhana matahari. Peristiwa ini termasuk langka sehingga anak pun masih merasa aneh mendengar kata gerhana.

Mungkin ia banyak menceritakan tentang rencana shalat gerhana pada saat setelah shalat Maghrib. Ia banyak mendapat informasi dari teman-temannya tentang mitos-mitos seputar gerhana bulan.

Nah kesempatan inilah saya gunakan untuk menceritakan dan sekaligus menjelaskan apa itu gerhana matahari dan bulan. Baik itu total maupun sebagian. Dengan dibantu gambar dari internet saya coba memberikan gambaran gerhana.

Selanjutnya saya pahamkan ia dengan berbagai mitos-mitos yang baru saja ia ceritakan. Mencoba menjelaskannya dari sudut pandang agama Islam. Sehingga harapan saya mitos-mitos tersebut tidak akan melekat dalam pikiran bawah sadarnya.

Termasuk mengaitkan dengan shalat gerhana yang nanti malam akan dilaksanakan. Bagaimana cara dan syaratnya pelaksanaan shalat gerhana,saya coba uraikan dalam bahasa anak.

Saya lihat anak antusias mengikuti shalat gerhana. Ia mengajak teman-teman untuk ikut serta. Maka tidak heran suasana Maghrib kali terasa lebih sumringah dan semarak. Ada rona keingintahuan hampir di semua wajah jamaah. Karena memang ini baru pertama dilaksanakan.

Alhamdulillah peristiwa gerhana bulan total kali ini banyak memberikan hal-hal baru bagi saya pribadi, buat anak-anak dan juga buat jamaah masjid secara keseluruhan. Terlebih setelah selesai ceramah tentang makna peristiwa gerhana

No comments:

Post a Comment

Joker

Oleh: Suyati  Kurasakan perihnya dia tertawa  Tertawa ketika terluka  Oleh perih duka yang tiada tara  Ditutupi dengan bahagia di muka  Luka...