Sunday 13 December 2020

Rahasia Kedahsyatan Menulis

 #Resume kuliah ke 25 Belajar Menulis gelombang 16


Perkuliahan ke 25 bersama Mr Sugesti Indonesia Pak Aris Ahmad Jaya.

Beliau menekankan tentang pentingnya menulis dalam paparannya. Banyak sekali kata-kata motivasi yang beliau sampaikan dalam perkuliahan yang singkat ini.

  • Orang-orang gagal dikarenakan ingin mengerjakan semuanya tetapi tidak mengerjakan sesuatu pun. Kita seringkali ingin mengerjakan semuanya sehingga justru akhirnya tidak melakukan apapun. Kita hebat justru ketika kita fokus pada satu hal. Biarlah kekurangan kita dilengkapi oleh orang lain. Dan kelebihan kita melengkapi kekurangan orang lain.
  • Penulis tidak butuh terkenal yang penting adalah tulisannya menginspirasi orang lain. Apalah artinya terkenal tapi tidak menginspirasi. Menulislah tidak perlu menunggu terkenal baru menulis. Karena dengan menulis kita akan dikenal. Bukan oleh manusia tetapi oleh penduduk langit. Mengapa? Karena usia Anda akan jauh lebih panjang daripada umur Anda.
  • Saya dan Anda tidak pernah gagal. Yang gagal adalah peristiwanya. Seorang gadis yang menggoreng tempe dan gosong karena yang gosongnya adalah tempenya bukan gadisnya.
  • Ikan arwana akan bernilai tinggi jika seseorang mengetahui nilainya. Bagaimana penghargaan orang terhadap sesuatu.
  • Berbahagialah orang yang memberi tanpa mengingatnya dan orang yang menerima tanpa melupakannya.

Rahasia kedahsyatan menulis:

1.      Dengan menulis usiamu akan lebih panjang dari umurmu.

2.      Dengan menulis kita akan tetap hidup. Dengan menulis kita akan terkoneksi dengan masa lalu dan masa depan. Dengan  menulis kita akan tetap hadir meskipun kita telah tiada. Orang-orang  besar adalah orang-orang yan meninggalkan jejak.

3.      Sebuah cerita yang tertulis mampu mempertemukan otak kiri dan otak kanan dalam imajinasi yang nyata.

4.      Sebuah tulisan yang indah akan mempesona, menggugah, melahirkan senyuman, tawa, tangis, emosi, sedih, gembira bahkan dapat menggerakkan pembacanya.

5.      Menulis adalah mengikat ide dan gagasan.

6.      Menulis itu untuk mencurahkan rasa.

7.      Menulis itu berbagi dan menginspirasi.

8.      Berjalanlah, di tengah jalan Anda akan bertemu jalan. Kalau Anda tidak ketemu jalan maka buatlah jalan maka orang lain akan mengikuti  jalanmu.

9.      Kita dikenang bukan karena menerima. Kita dikenang karena kita memberi.

10.  Nilai Anda bukanlah karena Anda bernilai tapi karena Anda telah memberikan sentuhan Anda MIDAS touch (sentuhan emas). 

Kegagalan penulis pemula seringkali disebabkan oleh hal-hal berikut:

1.      Penulis seringkali merangkap sebagai editor. Tulislah saja semuanya dulu dan jangan dihapus. Jika ada ide baru tulis di tempat yang berbeda.

2.      Jangan bercita-cita jadi penulis tapi jadilah penulis.

3.      Tulislah di mana pun dan kapanpun. Tidak usah menunggu mood atau ide. Buatlah catatan ide di buku kecil setiap kali ide muncul, bisa berupa judul terlebih dahulu. Namun upayakan ketika mengetik berikan waktu tertentu.tulsilah dulu tema pokok.

4.      Kita merasa tidak pantas untuk menulis.karena kita bukan siapa-siapa(menurut kita sendiri), kurang jaringan, kurang mampu. Dan lain sebagainya.

Tips menulis menjadi sebuah buku:

  1.  Tulislah sesuatu yang Anda sukai, yang membuat Anda nyaman dan tertarik.
  2. Segeralah bagikan tulisan Anda di sosial media yang Anda miliki. Jangan biasakan copypaste. Lebih baik tulis dengan bahasa sendiri dan kepahaman sendiri.
  3. Gunakan prinsip BOTOL (Berani, Optimis, Tiru, Orang Lain), BOBOL (Berani, Optimis, Bersama, Orang Lain dan BODOL (Berani, Optimis, Duit, Orang Lain)


No comments:

Post a Comment

Nasehat Kubur

 Nasihat kubur, 01. Aku adalah tempat yang paling gelap di antara yang gelap, maka Terangilah aku dengan TAHAJJUD. 02. Aku adalah tempat yan...