Wednesday 22 November 2023

Tanya Ibu

Kegiatan pembelajaran di era digital ini banyak menuntut guru dan peserta didik menggunakan fasilitas internet. Tidak terkecuali dengan Bu Reni. Sebagai guru baru yang direkrut dengan seleksi yang cukup ketat, ia harus mampu menunjukkan kemampuannya dalam mengajar menggunakan media digital. Karena itu menjadi salah satu yang diseleksi ketika ia masuk.

Demikian pula hari ini. Ia meminta peserta didik di kelas 7 A membawa HP dan menggunakan untuk kegiatan pembelajaran. Sayang seribu sayang, banyak siswa yang tidak memiliki sendiri  kuota. Tapi itu tidak membuatnya khawatir. Di sekolahnya ada fasilitas internet gratis alias wifi. 

Maka ketika pembelajaran akan berlangsung, ia segera menanyakan password untuk fasilitas internet di sekolahnya kepada rekan kerja. "Tanya Ibu" jawab temannya cepat.  Ia sedikit mengeluh, mengapa hal yang sudah merupakan fasilitas harus tanya dulu kepada Ibu kepala sekolah. Dengan cepat ia menuju ke ruang kepala sekolah. Setelah diizinkan masuk, ia menceritakan tentang rencana kegiatan pembelajaran hari ini yang akan menggunakan fasilitas internet di sekolah. Namun ia mengalami kendala karena tidak tahu password untuk fasilitas internet lewat WiFi. Katanya harus tanya ke Ibu dulu. Maaf password apa ya Bu? 

Kepala sekolah yang tidak tahu tentang password wifi sekolah langsung memanggil operator wifi sekolah. Ditanyakan kepada beliau apa password untuk fasilitas internet lewat WiFi. Beliau pun menjawab "Tanya Ibu" Bu. 

Jangan disuruh tanya ke saya, Pak. Saya nggak tahu password untuk wifi sekolah. Kan yang mengurusi ini Pak Umar. 

"Ya Bu, password-nya itu "tanyaibu", huruf kecil semua tanpa spasi," ujar Pak Umar menjelaskan.


Bu Reni yang dari tadi menyimak percakapan kepala sekolah dengan Pak Umar, operator sekolah jadi paham. Ia tersenyum sendiri. Ia minta maaf atas kesalahpahamnya dan segera menuju ke kelas untuk mulai kegiatan dengan wifi sekolah dengan password "tanya ibu"

Oalah ternyata bukan disuruh tanya tho. Password wifi yang aneh. Segera ia pamit dan kabur menuju ke kelasnya. Anak-anak sudah menunggu dengan kegiatan.

No comments:

Post a Comment

Membeli Waktu

Assalamuallaikum warahmatulahi wabarakatuh  Bismillahirrahmanirrahim  Membeli Waktu Pada suatu hari, seorang Ayah pulang dari bekerja pukul ...