Monday 2 October 2023

To, In order to dan so that untuk Menyatakan Tujuan

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarakkatuh

Pada kesempatan ini kita akan bahas materi yang menyatakan Purpose/tujuan dengan menggunakan to, in order to, dan so that.

a) to

“to” dalam sebuah kalimat dapat berarti “supaya”, “agar”, atau “untuk” tergantung konteks kalimatnya.

Sedangkan fungsi penggunaan kata hubung “to” pada kalimat adalah untuk menggabungkan klausa (Clause) dengan sebuah frasa (Phrase).

1) He studies English diligently to speak English fluently. (Dia belajar Bahasa Inggris dengan rajin supaya berbicara Bahasa Inggris dengan lancar)

b) in order to

in order to” dapat berarti “supaya” atau “agar”. Makna harafiahnya merujuk pada satu tujuan.

Faktanya, penggunaan konjungsi “in order to” kita pakai untuk menggabungkan klausa (Clause) dengan frasa (Phrase). Dengan kata lain fungsi konjungsi “in order to” sama dengan fungsi konjungsi “to”.

Contoh:
1. The student woke up early in order to do homework. (Siswa tersebut bangun lebih awal untuk mengerjakan PR.)
2. In order to succeed, you have to believe in yourself. (Untuk sukses, kamu harus percaya pada dirimu sendiri.)
3. I set an alarm on my phone in order not to oversleep. (Saya mengatur alarm di handphone agar tidak kelebihan tidur.)
4. In order to proceed, please provide additional detail about your work experience. (Untuk melanjutkan, tolong tambahkan rincian tambahan tentang pengalaman kerjamu.)

c) So that
“so that” dalam sebuah kalimat dapat berarti “sehingga”, “supaya”, atau “agar”. Sedangkan fungsinya adalah untuk menggabungkan klausa dengan klausa sehingga memiliki makna maksud atau tujuan.
Example :
1. He studied hard so that he could pass the test. (Dia belajar keras agar dapat lulus tes tersebut.)
2. I’ll tell you the best route so that you arrive on time. (Saya akan mengatakan padamu rute terbaik supaya kamu tiba tepat waktu.)
3. She didn’t reply to my texts so that I tried to call her. (Dia tidak membalas pesan-pesan saya, oleh karena itu saya mencoba meneleponnya.)
4. I will wake up earlier so that I can exercise before going to school. (Aku akan bangun lebih awal agar aku bisa berolahraga sebelum berangkat ke sekolah.)
5. He studies English diligently so that he will speak English fluently. (Dia belajar Bahasa Inggris dengan rajin agar dia dapat berbicara bahasa Inggris dengan lancar)

No comments:

Post a Comment

Membeli Waktu

Assalamuallaikum warahmatulahi wabarakatuh  Bismillahirrahmanirrahim  Membeli Waktu Pada suatu hari, seorang Ayah pulang dari bekerja pukul ...