Wednesday 9 October 2024

Silaturahim atau Silaturahmi?


Kita sering mendengar ucapan seseorang tentang silaturahmi dan silaturahim. Lantas, apa beda dari keduanya? 


Berdasarkan dari berbagai sumber, silaturahim dan silaturahmi adalah kata serapan yang berasal dari Bahasa Arab yaitu Shilah Ar- Rahim dan Shilah Ar-Rahmi.


Shilah artinya hubungan atau tali, kemudian Ar-Rahim adalah Rahim. Jika disambungkan menjadi hubungan Rahim. Jadi, kata silaturahmi memiliki makna yang erat kaitannya dengan hubungan kekeluargaan, baik hubungan darah atau hubungan rahim.


Sedangkan untuk silaturahmi, berasal dari kata Ar-Rahmi yang memiliki arti kasih sayang. Jadi silaturahmi memiliki arti kasih sayang terhadap sesama yang tidak memiliki kaitan hubungan darah maupun rahim secara langsung. 


Maka, jika ada pertemuan, reunian, dan lain-lain yang pesertanya terdiri dari orang-orang yang berbeda keluarga dan tidak ada hubungannya dengan pertalian darah, itu disebut dengan SILATURAHMI.


Namun, jika reunian, pertemuan, arisan, dan sejenisnya dihadiri oleh orang-orang yang ada kaitannya dengan pertalian darah, misalkan, satu nenek atau satu buyut, maka itu disebut dengan SILATURAHIM.


Sumber: Dua Sisi 


Pondok Aren, 

Selasa, 08 Oktober 2024

05 Robiul Awwal 1446

No comments:

Post a Comment

Tanda Allah Semakin Cinta

Semakin Allah cinta semakin Allah berikan ujian kepada hamba Nya hingga bersih diri si hamba itu dari dosa, dan berita gembira dalam Al-Qur&...