Wednesday 16 October 2024

Hasil Survei tentang Shalat

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh 

Semangat Subuh


HASIL SURVEY TENTANG SHALAT


Hanya 38, 9% umat muslim di Indonesia yang tunaikan shalat 

Sumber: Jatimtimes.com


Yang selalu melaksanakan shalat berjamaah hanya 2%


Yang sering berjamaah baru mencapai 7,7%


Yang kadang-kadang berjamaah mencapai 29,2%


Bersyukurlah saat Allah memberikan taufik dan hidayah untuk kita menjaga shalat fardhu 5 waktu, terlebih yang menambah dengan melaksanakan shalat sunnah.


Jika kita melihat generasi terbaik (salafussaleh) umat Islam, mereka sangat menekankan pentingnya shalat. Mereka bukan hanya melaksanakannya sebagai rutinitas, tetapi sebagai bentuk kecintaan dan ketaatan yang tulus kepada Allah. 


Mereka menyadari bahwa shalat bukan sekedar kewajiban, tapi juga kesempatan untuk berkomunikasi dengan Allah, membersihkan hati, dan memperbaiki diri.


Selain itu, shalat merupakan amalan yang pertama kali dihisab pada hari kiamat yang juga mempengaruhi amal lainnya.


Rasulullah ﷺ bersabda,

“Perkara yang pertama kali dihisab dari seorang hamba pada Hari Kiamat adalah shalat. Apabila shalatnya baik, maka seluruh amalnya pun baik. Apabila shalatnya buruk, maka seluruh amalnya pun buruk.”(HR. Ath-Thabrani dalam al-Mu’jamul Ausath, II/512, no. 1880).


Wallahu alam 


Selamat menunaikan sholat fardhu berjamaah di masjid (bagi laki-laki yang tidak ada udzur), semoga Allah SWT mengampuni dosa dosa kita dan menerima amal ibadah kita aamiin ya rabbal'alamiin....

No comments:

Post a Comment

Hasil Survei tentang Shalat

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh  Semangat Subuh HASIL SURVEY TENTANG SHALAT Hanya 38, 9% umat muslim di Indonesia yang tunaikan...