Friday 27 September 2024

Teknologi yang Memudahkan

Hari Kamis, 26 September 2024 penulis mendapatkan tugas untuk mengikuti sebuah pelatihan penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten Kebumen. Kegiatan ini dilaksanakan 26-28 September 2024 di MTs Negeri 1 Kebumen untuk acara pembukaannya dan dilanjutkan di Hotel Trio Azana Kebumen untuk kegiatan inti pelatihannya. 

Ada beberapa hal menarik yang saya lalui saat menuju ke Kebumen yang membuat saya banyak belajar dari pengalaman. Yang pertama kejadian saat berada di rumah makan. Kami berdua membawa makan siang yang kami bawa dari sekolah. Karena langsung berangkat dari kegiatan harlah madrasah. Pada kegiatan tersebut ada ransum makan siang yang disediakan madrasah. Karena memburu waktu agar tidak datang terlambat maka kami bawa saja snack dan makan siang tersebut untuk perjalanan. 

Ternyata sampai di rumah makan, makan siang yang kami bawa belum dinikmati. Sementara berdasarkan informasi yang masuk di tempat tujuan juga disediakan makan siang dan snack.

Maka kami berusaha menanyakan apakah boleh menikmati makanan sendiri di rumah makan tersebut. Kami agak khawatir karena biasanya tidak diizinkan membawa makanan/minuman ke rumah makan. Bahkan tulisan tersebut juga tertera di salah satu dinding rumah makan tersebut. 

Tetapi karena ragu kami mencoba menanyakan ke penjual. Apakah boleh kami makanan sendiri dengan memesan minuman saja? Alhamdulillah, ternyata diizinkan untuk menikmati makanan tersebut di sini. Kami memesan minuman saja. Pelajaran dari peristiwa tersebut, kalau ada sesuatu yang meragukan, untuk konfirmasi terlebih dahulu. Kadang di lingkungan Indonesia masih memberikan toleransi tertentu meskipun sudah tertulis di sana aturan tersebut.

Peristiwa kedua adalah di kamar mandi rumah makan tersebut. Kamar mandi di sini mengunakan pintu sebagai alat menghidupkan dan mematikan lampu di kamar mandi. Nampaknya ini lebih efektif karena seringkali orang lupa untuk mematikan lampu setelah keluar kamar mandi. Sebuah terobosan yang inovatif menurut saya pribadi. Bagaimana menghemat energi listrik secara elegan.

No comments:

Post a Comment

Hasil Survei tentang Shalat

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh  Semangat Subuh HASIL SURVEY TENTANG SHALAT Hanya 38, 9% umat muslim di Indonesia yang tunaikan...