Thursday 8 August 2024

Menghadapi Haters

 Baik di kehidupan dunia nyata maupun dunia maya, pasti kita tak luput dari haters atau orang yang lisannya buruk.


Dan disinilah kesabaran kita sedang di uji, apakah kita harus membalasnya atau cukup kita diamkan dan tinggalkan pergi ?


Simak bagaimana cara Allah memberikan solusi, Allah ﷻ berfirman:


وَٱصْبِرْ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ وَٱهْجُرْهُمْ هَجْرًۭا جَمِيلًۭا


"Dan bersabarlah terhadap apa yang mereka ucapkan dan jauhilah mereka dengan cara yang baik." (Qs. Al-Muzzammil: 10)


Dari 2 hal diatas maka ada 2 solusi yang dapat kita amalkan:


Pertama : Kita bersabar dan tidak usah membalas, karena jika kita balas justru kita yang rugi, sebab ia akan semakin menjadi-jadi dan kalimat² yang tidak kita sukai akan semakin banyak kita dengar dari lisannya, Maka biarkan dia dan dengan demikian ia akan pergi sendiri serta mendapat balasan dari perbuatannya sendiri di dunia maupun di akhirat nanti.


Kedua: Diamkan dan tinggalkan, dan jika ia terus mengganggu membuatmu tidak nyaman, maka blokir jika di dunia maya, adapun di dunia nyata jauhi segera. Dengan demikian hatimu akan tenang, telinga dan matamu tidak lagi terganggu dengan ucapan atau tulisan²nya yang menyakitkan.


Dalam hal ini sebagaimana Syabib bin Syaibah rahimahullah juga berkata:


"Siapa yang mendengar sebuah ucapan yang dia benci lalu diam tidak membalas, maka terputuslah darinya apa yang dia benci tersebut, namun jika dia membalasnya maka dia akan mendengar lebih banyak lagi hal-hal yang dia benci." [Uyunul Akhbar libni Qutaibah, 1/400]


Semoga Allah Ta'ala memberikan kita kekuatan serta balasan pahala yang tak terhingga atas kesabaran kita, dan semoga Allah Ta'ala jauhkan kita dari orang² yang lisannya buruk disekitar kita. Aamiin.


Sumber: Habibie Quotes

No comments:

Post a Comment

Irregular Verbs (Kata Kerja Tidak Beraturan)

Begin – began – begun (dimulai) Break – broke – broken (membawa) Become – became – become (menjadi) Buy – bought – bought (membeli) Bring – ...