Thursday 22 August 2024

Kepo Ilmu


اَلسَلامُ عَلَيْكُم وَرَحْمَةُ اَللهِ وَبَرَكاتُهُ‎


Sebaik-baiknya kepo adalah tentang ilmu, dimana kamu selalu ingin tahu kemudian mengamalkannya.

Karena manusia lebih banyak membutuhkan ilmu daripada sebuah makanan, sebagaimana Imam Ahmad bin Hambal رَحِمَهُ اللّٰهُ berkata:


 "Manusia butuh ilmu, lebih dari butuhnya mereka terhadap makan dan minum, karena dalam sehari manusia butuh makan dan minum hanya satu atau dua kali, sedang kebutuhan terhadap ilmu adalah di setiap hembusan nafas.”

 (Madarijus Salikin: 2/369)


Kepo tentang ilmu adalah sebuah kebaikan, banyak manfaatnya, bisa menjadi nasehat, pengingat, penyemangat belajar, penyemangat mengamalkan, jadi banyak wawasan dan bertambah pengetahuan.


Dengan kepo ilmu kita dapat menjadi tahu mana yang Salah dan mana yang Benar, mana yang Halal dan mana yang Haram, mana yang Sunnah dan mana yang Bid'ah, mana yang Tauhid dan mana Syirik, mana yang lurus dan mana yang bengkok.


Karena itu silahkan kepo, cari, follow, sukai dan penuhi list pertemanan anda dengan orang-orang yang menebarkan banyak kebaikan lewat tulisannya.

Sehingga dimana setiap kamu buka sosial media kamu dapat mengambil manfaat kebaikan dunia dan akhirat lewat postingannya.


Sebab ilmu itu luas, sedangkan kita ini sering kali lalai dan futur, karena itu pentingnya kita sebuah ilmu dan seorang yang dapat menjadi pengingat dan penyemangat dalam kebaikan.


 Abdul Wahid bin Zaid* berkata,


❝ Barangsiapa mengamalkan ilmu yang telah ia pelajari, maka Allah akan membuka untuknya hal yang sebelumnya ia tidak tahu.❞

(Hilyatul Auliya’, 6: 163)

No comments:

Post a Comment

Tafakur Hidup

 * بسم الله االرحمان الرحيم* KETIKA REZEKIMU HABIS, MAKA AJALMU PUN TIBA Jangan pedulikan jasadmu yang akan busuk & hancur! Kaum muslimi...