Saturday 22 June 2024

Tips Dicintai oleh Anak

 10 Hal Agar Anak Mencintai Anda


1. Jadilah orang tua yang selalu bergantung kepada Allah, lalu berdoalah agar Allah menjadikan hati Anda dan anak Anda bersatu, dan terus saling menguatkan.


2. Perlakukan anak sesuai dengan tingkat akal dan pemahamannya. Ingatlah selalu perkataan Ali bin Abi Thalib, “Perlakukan manusia sesuai dengan akal mereka.” Dengan cara seperti ini, Anda akan mudah untuk masuk ke hati anak Anda.


3. Setiap orang itu berbeda kemampuannya, maka perlakukan seseorang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Dan setiap orang itu memiliki kemampuan menghapal yang juga berbeda-beda.


4. Milikilah banyak metode dalam mengarahkan dan menyetir anak, sehingga anak tidak bosan mendengarkan arahan kita yang hanya dengan satu metode saja, yaitu nasihat satu arah.


5. Jangan pernah merendahkan anak. Merendahkan anak bisa merusak harga dirinya. Jika memang harus memberikan hukuman, lebih baik gunakan metode menunda hadiah atau meng-cancel-nya dari pada harus merendahkan anak.


6. Pahamilah bakat dan minat anak sehingga kita bisa masuk mempengaruhi dia dari sisi yang dia sukai.


7. Posisikan diri Anda sebagai sahabatnya bukan sebagai orang yang telah berjasa dalam hidupnya. Memang Anda telah memberinya pakaian tempat tinggal makanan dan penghidupan, tapi seseorang lebih suka jika diposisikan sebagai sahabat yang masih bisa bernegosiasi dengan perintah-perintah Anda. 


8. Tanamkan rasa percaya diri pada anak, sehingga jiwanya terus bisa menjadi lurus.


9. Jauhkan diri Anda dan anak Anda dari hal-hal yang menghalangi atau merusak kebahagiaan dan ketenangan. Gunakan syiar " Mencegah lebih baik daripada mengobati ".


10. Sampaikan pesan kepada anak Anda bahwa Anda mencintainya. Ungkapkan rasa cinta ini dengan perilaku dan juga kata-kata. Perbanyaklah mengatakan “Aku cinta kamu”. Lakukan lebih dari satu kali dalam sehari.


=================

Ratno Abu Muhammad

No comments:

Post a Comment

Irregular Verbs (Kata Kerja Tidak Beraturan)

Begin – began – begun (dimulai) Break – broke – broken (membawa) Become – became – become (menjadi) Buy – bought – bought (membeli) Bring – ...