Untuk mengidentifikasi perbedaan signifikan antara KMA Nomor 450 Tahun 2024 dan KMA Nomor 347 Tahun 2022, berikut adalah beberapa poin penting yang dapat dijadikan dasar perbandingan:
1. Tujuan dan Fokus Utama:
- KMA 347 Tahun 2022: Menekankan pada penyempurnaan kurikulum sesuai dengan standar nasional pendidikan dan pengembangan kompetensi dasar pada jenjang pendidikan RA, MI, MTs, MA, dan MAK.
- KMA 450 Tahun 2024: Fokus pada implementasi kurikulum dengan penekanan pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, serta integrasi aspek spiritual dan karakter dalam pembelajaran.
2. Struktur Kurikulum:
- KMA 347 Tahun 2022: Mengatur struktur kurikulum berdasarkan kompetensi inti dan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik pada masing-masing jenjang pendidikan.
- KMA 450 Tahun 2024: Selain mengatur struktur kurikulum, juga memberikan panduan lebih rinci tentang pembelajaran tematik terpadu dan penguatan profil pelajar Pancasila.
3. Pendekatan Pembelajaran:
- KMA 347 Tahun 2022: Menekankan pada pembelajaran berbasis kompetensi dengan pendekatan saintifik.
- KMA 450 Tahun 2024: Menambahkan pendekatan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) dan pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) untuk meningkatkan keterampilan abad ke-21.
4. Evaluasi dan Penilaian:
- KMA 347 Tahun 2022: Fokus pada penilaian kompetensi akademik peserta didik.
- KMA 450 Tahun 2024: Penilaian mencakup kompetensi akademik, sikap, keterampilan, serta penilaian berbasis portofolio dan penilaian proyek.
5. Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran:
- KMA 347 Tahun 2022: Sebatas penggunaan teknologi sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran.
- KMA 450 Tahun 2024: Mendorong integrasi teknologi secara menyeluruh dalam pembelajaran, termasuk penggunaan platform pembelajaran daring dan alat bantu digital.
6. Pengembangan Profesional Guru:
- KMA 347 Tahun 2022: Menyediakan program pengembangan profesional secara umum.
- KMA 450 Tahun 2024: Menekankan pada pengembangan profesional berkelanjutan dengan fokus pada keterampilan digital dan metodologi pengajaran inovatif.
7. Keterlibatan Pemangku Kepentingan:
- KMA 347 Tahun 2022: Menekankan pentingnya peran serta masyarakat dan orang tua dalam proses pendidikan.
- KMA 450 Tahun 2024: Menambahkan peran pemerintah daerah dan lembaga swasta dalam mendukung pelaksanaan kurikulum serta membangun kemitraan untuk peningkatan mutu pendidikan.
Dokumen KMA 450 Tahun 2024 ini bertujuan untuk memberikan panduan yang lebih komprehensif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi serta kebutuhan kompetensi abad ke-21. Analisis lebih rinci dapat dilakukan dengan membandingkan teks lengkap dari kedua dokumen untuk melihat perbedaan spesifik pada setiap pasal dan ketentuan.
No comments:
Post a Comment