Thursday 18 May 2023

Hari Buku Nasional, Momentum Meningkatkan Minat Baca

Gambar: Indonews Today 


Baru tahu bahwa kemarin, 17 Mei 2023 merupakan hari Buku Nasional (Harbuknas). Jadi ingin tahu bagaimana sejarah hari buku nasional ini. Sepertinya Hari Buku Nasional ini belum menjadi peristiwa populer sehingga masih belum banyak agenda kegiatan untuk menyemarakkan hari tersebut. 

Hari Buku Nasional ditetapkan pada tanggal 17 Mei 2002 pada saat Menteri pendidikan saat itu Bapak Abdul Malik Fadjar. Tujuan diterbitkan Hari Buku Nasional ini adalah sebagai momentum untuk menyadarkan bangsa Indonesia akan pentingnya membaca buku, meningkatkan literasi.

Hal tersebut didasarkan pada keprihatinan akan rendahnya minat baca pada masyarakat Indonesia. Hal tersebut semakin diperparah dengan semakin menjamurnya berbagai laman yang menarik untuk ditonton oleh masyarakat. Durasi lebih singkat isi lebih menarik.

Dikutip dari situs Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), minat baca masyarakat Indonesia hanya sebesar 0,001 persen. Artinya, hanya ada 1 dari 1.000 orang Indonesia yang rajin membaca. UNESCO juga menempatkan Indonesia sebagai negara terendah kedua untuk tingkat minat baca. 

Sementara berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022 disebutkan tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia secara keseluruhan berada di angka 59,52 dengan durasi membaca 4-5 jam per minggu dan 4-5 buku per triwulan.

Tentu saja ini menjadi pemikiran tersendiri karena dunia digital tidak bisa dihindari. Generasi masa kini semakin asing dengan buku fisik. Perlu segera dicari solusi terutama dari perpustakaan nasional Indonesia. Selain tetap menerbitkan buku secara fisik perlu juga untuk mengembangkan perpustakaan secara online. 



Dan salah satu terobosan yang sudah diambil adalah layanan perpustakaan melalui aplikasi perpusnas. Pembaca bisa meminjam buku-buku secara online tanpa harus hadir ke perpustakaan secara langsung. Beragam pilihan buku juga hendaknya diperbanyak agar menarik kaum milenial memanfaatkan gadget mereka sebagai buku-buku digital. 

Diharapkan hal tersebut dapat meningkatkan minat membaca. Karena disinyalir orang Indonesia lebih suka menggunakan gadget daripada membaca buku fisik. 

Meskipun tetap merindukan buku-buku fisik yang tersimpan di rak-rak buku berderet. Sayangnya sekarang semakin sedikit anak-anak yang duduk tenang di kursi membaca buku di meja. 

Selain cara-cara tersebut, kegiatan menyemarakkan Hari Buku Nasional kiranya juga perlu disosialisasikan kepada masyarakat lebih luas bisa lewat sekolah maupun lewat media sosial sehingga gaungnya bisa merambah lebih banyak orang.  Selamat Hari Buku Nasional. 

3 comments:

  1. Semoga dg adanya hari buku nadional bisa menyadarkan kita btp pentingnya kita membaca buku. Hingga kedepan masyarakat Indonesia cinta membaca buku dan tenti berdampak baik bgi bangsa indonesia kedepan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga Bu, minat membaca semakin meningkat dengan agenda hari buku nasional.

      Delete

General Vocabulary Quiz: Uji Kemampuan Kosakatamu!

Pada beberapa waktu sebelumnya kalian sudah belajar tentang kosakata umum (general vocabulary). Kalian bisa lihat di sini daftar kosakata um...