Friday 23 June 2023

Wisata untuk Healing

 Kata wisata, jalan-jalan atau piknik mungkin kata yang paling dirindukan saat ini oleh saya pribadi. Padatnya kegiatan yang beruntun di madrasah baik dari kelas 9 maupun dari kelas 7 -8 hingga penerimaan rapor semester 2. Tidak dipungkiri kegiatan tersebut cukup menyita tenaga dan pikiran. Maka ketika disodori tema Kalis "Wisata" rasanya senang sekali meskipun baru menuliskannya. Mudah-mudahan dapat terwujud melaksanakannya setelah usai rangkaian kegiatan sekolah dengan pembagian rapor akhir semester ini. 

Kemana tujuan wisata yang paling diinginkan? Saya termasuk orang yang suka pantai dan suasana hutan. Ada beberapa tempat yang ingin saya kunjungi terkait tempat tersebut. Pertimbangan jarak dan medan tujuan wisata tentu perlu dipikirkan matang-matang agar kegiatan wisata yang kita lakukan dapat menjadi kegiatan refreshing dan healing bagi kita.

Sumber gambar: Lagerunal.blogspot.com

Jangan sampai kegiatan yang kita gadang-gadang menjadi proses pelepasan beban kerja dan kepenatan raga malah menjadi berakhir tidak menyenangkan karena kelelahan atau tidak sesuai ekspektasi. 

Maka untuk dapat mencapai tujuan wisata sebagai sarana healing dan pelepasan segala penat, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan:

1. Cari informasi lokasi dan fasilitas tempat wisata tersebut sebagai gambaran awal kegiatan liburan kita sehingga kita memperkirakan apa yang kita lakukan di sana dengan perencanaan keuangannya.

2. Pastikan kita dalam kondisi yang fit meskipun lelah. Jangan sampai liburan ke tempat wisata menambah kelelahan baik secara fisik maupun keuangan.

3. Pastikan kita nyaman dengan tempat wisata tersebut sehingga kita bisa menikmati kegiatan liburan dan tujuan liburan untuk healing tercapai. Hindari liburan di puncak musim liburan. Karena tempat wisata akan sangat ramai dan harga biasanya juga mengalami kenaikan.

4. Bawalah uang tunai agar bisa memperkirakan ketersediaan keuangan sehingga dapat mengerem kebebasan dan keinginan berbelanja di temaptwisata.

1 comment:

  1. Betul.. jn smp kita pergi berwisata tp mlh berujung duka.. pilih tempat yg sekiranya tdk mngandung sgl resiko.

    ReplyDelete

Membeli Waktu

Assalamuallaikum warahmatulahi wabarakatuh  Bismillahirrahmanirrahim  Membeli Waktu Pada suatu hari, seorang Ayah pulang dari bekerja pukul ...