Wednesday 28 June 2023

Menjaga Kesehatan Selama Idul Adha




Hari Raya Idul Adha 2023 atau 1444 H telah tiba. Idul Adha tentu identik dengan pemotongan hewan kurban. Pastinya konsumsi daging lebih banyak dari hari-hari biasa. Terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi daging qurban guna menjaga tubuh tetap sehat. 

Berikut tips sehat mengonsumsi daging qurban saat Idul Adha.

A. Makan dalam porsi kecil

Upayakan untuk tidak mengonsumsi daging kurban dalam porsi yang besar. Hal tersebut bisa mengakibatkan perut menjadi nyeri karena bagian kerongkongan bernama esophageal sphincter akan terasa penuh. Itu bisa membuat makanan kembali ke perut bagian atas.

B. Diet kaya serat

Serat berfungsi untuk melancarkan saluran pencernaan dan dapat mencegah terjadinya sembelit. Biasanya seseorang yang terlalu banyak makan daging akan mengalami susah BAB karena pencernaanya tidak lancar. Mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan serat seperti beras merah, gandum, buah, sayur dan kedelai bisa menjadi solusi.

C.  Perbanyak minum air putih

Meneguk air putih dapat mendorong sisa makanan menuju sistem pembuangan sehingga tidak terjadi sembelit dan melancarkan buang air besar. Selain itu, tubuh dengan kandungan cairan yang cukup memiliki banyak manfaat lainnya.

D Pilih minuman hangat dan sehat saat mengkonsumsi daging kambing

Misalnya minum air putih hangat atau air jeruk hangat dengan sedikit gula yang dapat membantu melancarkan kerongkongan. Hindari minuman seperti kopi, teh dan sirup.

E. Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur dengan melakukan aktivitas fisik minimal 30-60 menit di tengah rutinitas saat berhari raya

No comments:

Post a Comment

Bahagia itu Sederhana : Turunkan Ekspektasi

Merasakan kenikmatan dan kebahagiaan tidaklah selalu harus mewah. Demikian juga ketika liburan. Saya mengeluhkan tidak dapat menikmati karen...