Thursday 22 October 2020

Pintu YPTD Sudah Dibuka, Siapkah Kita Memasukinya?

 # Resume Kuliah ke-2 Belajar Menulis Gel. 8

Sebagian besar penulis terutama yang pemula mengeluhkan sulitnya menembus penerbit mayor (besar) buku mereka dapat diterbitkan. Berbagai proses yang dilakukan untuk memperoleh kata ‘yes’ dari penerbit. Di samping itu keinginan menerbitkan buku secara indie (pribadi) melalui perusahaan jasa penerbit memerlukan biaya yang cukup besar. Hal-hal seperti ini akhirnya kadang mengendorkan semangat menulis. Nah alhamdulillah pada kesempatan kedua materi menulis disampaikan oleh Bapak Haji Thamrin Dahlan, SKM, Msi seakan menjawab kegalauan-kegalauan penulis tersebut.

Siapakah beliau? Bapak Haji Thamrin Dahlan, SKM, Msi adalah Dosen Akper Polri, Publisher dan telah menerbitkan 30 buku. Beliau menyampaikan tentang Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan  (YPTD). YPTD didirikan atas inisiatif Bundo Kanduang (Almh) AKBP (P) Hj. Husna Darwis binti Hj. Dahlan, SH, yang memiliki keinginan kuat untuk meningkatkan kegemaran membaca dan menulis keluarga besar Petokayo dan masyarakat.  YPTD bergerak di bidang sosial kemasyarakatan khususnya bidang pendidikan. YPTD fokus membantu para penulis menerbitkan buku berlisensi Barcode ISBN Perpustakaan Nasional Tanpa Biaya. Sejak kegiatan dicanangkan  pada tanggal 19 Agustus 2020 YPTD telah membantu menerbitkan 36 buku para penulis. Adapun alamat Kantor YPTD : Perumahan Bumi Harapan Permai (BHP) Jl. Bumi Pratama VIII Blok A 23 Kelurahan Dukuh – RT 06 RW 06 Jakarta Timur Kode Pos 13550. Telp. : (021) 87799665 Hp: 08169932527. Email:  thamrindahlan@gmail.com  Website YPTD : terbitkanbukugratis.id

YPTD memiliki program untuk menerbitkan buku secara gratis. Adapun secara rinci program-program yang dilaksanakan dalam menerbitkan buku para penulis adalah:

1.      Program A : Penulis telah mempunyai naskah buku segera  kirim ke email thamrindahlan@gmail.com

2.      Program B : YPTD menerbitkan Buku dari Para Penulis posting di website terbitkanbukugratis.id setelah terkumpul naskah 150 – 200 halaman.

3.      Program C : Penulis posting di website YPTD terbitkanbukugratis.id sampai 40-50 artikel kemudian buku diterbitkan YPTD

 




Proses  Penerbitan Buku di Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan  (YPTD):

1.      YPTD menerima Nahkah Buku Penulis via email thamrindahlan@gmail.com lengkap dengan Judul, Daftar Isi, Cover depan belakang Buku dan Kata Pengantar.

Ketentuan Standard baku buku terbitan YPTD

a.       Ukuran A5

b.      Font 12

c.       Margin 1.5/1/1/1

d.      Huruf Times News Roman

e.       Spasi 1.5

f.       Ketebalan 150 – 200 Halaman

2.      Tahapan selanjutnya setelah naskah memenuhi standard baku, Admin YPTD setiap hari Senin mengajukan permohonan Lisensi Barcode ISBN (International Standard Book Number) ke Perpustakaan Nasional.

3.      Setelah Barcode ISBN di keluarkan Perpustakaan Nasional,  Admin meng - informasi kan kepada para penulis melalui  WA Group terbitkanbukugratis agar para penulis melakukan editing atau persiapan buku sebelum naik cetak.

4.      Admin YPTD menyiapkan Kata Pengantar Penerbit, Halaman Judul dan Nomor Urut terbit serta Barcode ISBN.

5.      Penulis memasukkan point (4) kedalam buku yang akan diterbitkan.

6.      Selanjutnya setiap hari Rabu 2 (dua) pekan sekali Admin YPTD mencetak buku. Seluruh biaya cetak ditanggung YPTD.  Rata rata biaya cetak buku Rp 250.000 (duaratus lima puluh ribu rupiah) per judul. Buku dicetak  di Buring Digital Print Jalan Magonda Raya 393 Pondok Cina Depok.

7.      Setiap Judul Buku dicetak 5 buah dengan aturan distribusi

a.       2 buku untuk Perpustakaan Nasional

b.      1 buku untuk Penulis berikut soft copy (flash disk)

c.       1 buku untuk Penyandang Dana

d.      1 buku untuk YPTD

8.      Buku untuk Penulis berserta soft copy dikirim by logistic transportation.  Secara resmi seorang Penulis memiliki Mahkota ketika telah memiliki Buku Perdana. Seandainya  ingin memperbanyak buku untuk dipromosikan kemudian dijual atau untuk hadiah Penulis bisa mencetak buku secara mandiri menggunakan soft copy di percetakan mana saja.

9.    Buku buku untuk Sponsor akan dikirimkan ke alamat by Go Send sesuai  jumlah buku ke alamat Penyandang Dana berserta ucapan terima kasih telah mendukung Gerakan Menrbitkan Buku ber ISBN Tanpa Biaya.

10.    Setiap hari Rabu 2 bulan sekali YPTD menyerahkan secara langsung buku-buku yang telah diterbitkan ke Perpustakaan Nasional sesuai Regulasi ISBN.  Buku buku para penulis menjadi milik dan koleksi Negara tersimpan abadi di Perpustakaan Nasional.

11.    Dua pekan sekali YPTD minimal mencetak 10 buku sehingga target  menerbitkan 200 buah buku selama satu tahun sampai 29 Juli 2021 tercapai.

 Itulah sekilas tentang Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan  (YPTD). Yang didirikan untuk membantu para penulis menerbitkan buku-buku mereka. Ya pintu untuk menerbitkan buku sudah dibuka oleh YPTD, tinggal tergantung kepada para penulis. Sudah siapkah untuk memasukinya? Itu adalah sebuah tantangan sekaligus motivasi untuk para penulis. Menerbitkan buku mudah, kirim nahkah ke YPTD sesuai ketentuan maka buku perdana berlisensi barcode ISBN segera terbit. Hanya memerlukan waktu 10 hari terhitung naskah diterima.  Semua tanpa biaya. Memang diperlukan keinginan kuat untuk menerbitkan buku. Bagaimana, siap dengan buku Anda?

YPTD  memiliki prinsip semua bahwa tulisan adalah bagus selama bukan plagiat dan hoaks.  Tidak berani kita menilai tulisan yang akan diterbitkan.  Kualitas itu sangat bertingkat dan beragam. Semua berproses.  Dalam kondisi sudah ada naskah maka YPTD siap membantu menerbitkan buku. Kita semua masih dalam proses belajar. Tujuan utama adalah bagaimana meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Literasi Indonesia.

Pada kesempatan itu pula Bapak Haji Thamrin Dahlan menyampaikan beberapa hal terkait menulis. Menurut beliau semua orang sebenarnya bisa menulis. Tidak ada istilah penulis pemula (karena tidak ada pengakhir) yang ada istilah penggiat literasi. Ketika bisa berbicara atau bertutur maka otomatis bisa menulis.  Menulis adalah proses sederhana memindahkan apa-apa yang kita katakan ke laptop atau pc bahkan hp. Tidak ada syarat metode penulisan karena setiap penulis memiliki gaya sendiri dan unik. Learning by doing, Belajar dan belajar. Menurut pemilik motto 3 Pena (Penasehat, Penakawan dan Penasaran) dalam menulis ini, ada beberapa resep yang harus dilakukan dalam menulis. Milikilah  niat menulis untuk berbagi kebaikan sehingga inspirasi tidak akan terputus. Metode yang beliau gunakan ketika menulis ialah "sekali duduk jadi"   artinya jangan pernah meninggalkan artikel yang sedang digarap. Selesaikan kemudian posting.  Posting ke sosial media dan seketika tulisan memiliki roh.  Roh itu membuktikan bahwa tulisan itu hidup ketika dibaca apalagi sampai dikomentari.

Resep lainnya adalah menulis satu hari minimal satu artikel adalah niat berbagi.  Inspirasi tak pernah terputus ketika kepekaan naluri menulis sudah melekat pada diri.  Semakin kita peka terhadap apa yang terjadi di sekitar kita maka akan semakin lancar kita mengungkapkan dalam bentuk tulisan. Semua yang menghampiri dan terjadi di sekitar kita adalah materi tulisan. Tulisan-tulisan tersebut kemudian dikumpulkan menjadi sebuah buku menarik yang siap untuk diterbitkan. Bisa berbentuk Reportase, Opini, Fiksi dan Buku Ajar. Muara menulis itu adalah BUKU. Sejatinya Buku adalah Mahkota seorang Penulis. Kesempatan sudah terbuka. Menerbitkan buku secara gratis. Trik menulisnya pun sudah diberikan. Tunggu apalagi? Yuuk menulis dan terbitkan buku kita!!!



No comments:

Post a Comment

Khotmil Qur'an di Peringatan Nuzulul Quran Matsabangga

Purbalingga, Kamis 28 Maret 2024_Dalam rangkaian kegiatan Peringatan Nuzulul Qur'an MTs Negeri 1 Purbalingga menyelenggarakan KHOTMIL QU...