Thursday 15 October 2020

Ingin Menulis? Inilah Triknya!!!

 

# Resume Kuliah ke 1 Belajar Menulis Gelombang 8

Di dalam grup ini narasumbernya adalah Ibu Dra. Sri Sugiastuti,M.Pd atau sering disapa Bu Kanjeng. Beliau termasuk penulis dan motivator senior. Beliau sudah tidak muda lagi tetapi semangat menulis dan berkaryanya luar biasa. Membuat malu kita-kita yang tergolong masih muda.

Pada awal sesi materi ada warm up dari beliau tentang buku-buku yang sudah beliau hasilkan bersama dengan komunitasnya. Juga sedikit cerita ringkas awal mula beliau terjun di dunia tulis –menulis. Sungguh menginspirasi.

Ada beberapa hal yang beliau sampaikan pada sesi pemaparan materi. Di antaranya adalah:

Tips Menulis

Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menjadi seorang penulis antara lain:

  • Banyak membaca. Apa yang kita baca akan tercermin pada gaya tulisan kita.
  • Mencoba menulis di komputer, buku harian atau di media sosial (facebook, blog). Ada korelasi positif semakin kita banyak menulis maka kemampuan menulis kita akan semakin terasah.
  • Teruslah menulis meskipun naskah Anda ditolak atau sudah pernah diterbitkan. Kembangkan terus kemampuan Anda dan perbanyak karya-karya Anda.
  • Mengirimkan tulisan kita ke media cetak atau ke penerbit buku. Bisa mengirimkan ke penerbit mayor atau diterbitkan secara self publishing.

Tips Mencari Ide
Ide adalah hal penting dalam berkarya. Tulisan pun membutuhkan ide. Ada beberapa tips untuk dapat mencari ide di antaranya:

  • Bacalah sebanyak mungkin buku.
  • Refreshing. Pergi ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi untuk menyegarkan otak Anda dari rutinitas.
  • Tulis apa yang  Anda bisa tulis.
  • Cari referensi dari berbagai media.
  • Gunakan cara ATM (amati, tiru,modifikasi) sebagai langkah awal.

Tips Memilih Judul yang Menarik

  • Sesuaikan dengan tema tulisan.
  • Buatlah judul dengan kata-kata yang mudah diingat.
  • Buat orang penasaran dengan judul tersebut karena dengan membuat orang penasaran orang bisa tertarik untuk membaca dan membeli buku kita.

Tips Menulis Cepat

   Pikirkanlah ide tulisan yang akan Anda buat. Lalu segera tuliskan.  Bisa juga dengan membuat kerangka terlebih dahulu agar lebih terarah. Teruslah mengetik berdasarkan ide yang Anda miliki. Jangan lihat ke belakang apa yang telah Anda ketik. Abaikan jika ada yang salah baik dari segi struktur, bahasa maupun ide.

 Waktu yang Tepat untuk Menulis 

Biasanya saat senggang atau sedang menunggu. Bisa juga malam hari sebelum tidur. Manfaatkan waktu tenang untuk menulis bisa sebelum subuh atau setelah isya. Sehingga ide-ide bisa keluar dengan lancar.

Cara Mengirim Naskah ke Penerbit dan Hal yang Harus Diperhatikan 

Sebelum Anda mengirimkan naskah ke penerbit, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Siapkan naskah yang rapi.
  • Pilih penerbit yang sesuai dengan jenis naskah Anda.
  • Perhatikan tata cara pengiriman dan ketentuan mengirim naskah ke penerbit yang bersangkutan.
  • Kirimkan naskah beserta sinopsis dan bioadata penulis. Jika perlu kirim pula proposal untuk meyakinkan penerbit yang bersangkutan.
  • Jangan mengirim naskah kebeberapa penerbit sekaligus.

Sesi materi 1 ini diakhiri dengan penutup tentang motivasi penulisan buku yang luar biasa. Jika terus berjuang, akan ada 2 pilihan lagi. Mau terus mengirimkan ke penerbit mayor atau diterbitkan secara self publishing. Berdasarkan pengalaman penulis-penulis yang awalnya diterbitkan di penerbit indie pun banyak yang menjadi sukses karena karyanya memang potensial. Ada banyak jalan untuk menjadi penulis sukses. Yang terpenting adalah terus melangkah dan jangan berhenti. Jadikan menulis sebagai kebutuhan bukan sebagai kewajiban. Menulis itu sebuah ketrampilan, bukan bakat. Jadi seringlah dilatih, tulislah berbagai ide yang berserak di sekitar kita. Jadikan menulis dan membaca sebagai gaya hidup. Membaca yang selektif dengan kaca mata yang utuh. Beristiqomahlah dalam menulis. Biarkan tulisan menemui takdirnya. Jangan risau, tetaplah menulis dan belajar mengupgrade diri agar naik kelas. Menulislah apa yang disukai dan dikuasai. Terus SEMANGAT!!!

No comments:

Post a Comment

Menasehati Tanpa Penolakan

 *ABCo Inspirasi Ramadhan (AIR) VI  Edisi Hari ke-17* *17 Ramadhan 1445 H/Kamis, 28 Maret 2024* "HYPNOPARENTING: menasehati anak tanpa ...