Tuesday 19 September 2017

Belajar dari Mereka yang "Special"

Menjadi guru memang asyik. Kita bertemu dan berhadapan dengan beragam karakter, sifat, kemampuan siswa. Mereka memang unik. Tidak dapat disamakan satu sama lain. Dari beberapa kelas yang saya hadapi, tiap-tiap tahun selalu ada siswa-siswa yang "special" baik dari bentuk fisik maupun kemampuan akademiknya. Mereka membutuhkan perhatian lebih dari seorang guru dalam pembelajaran di kelas maupun di luar kelas.

Hal yang perlu diperhatikan adalah tidak mengasihani mereka. Memberi perhatian lebih tidak sama dengan mengasihani. Justru jika kita mengasihani mereka, muncul perasaan tersisih dan tidak percaya diri dalam kehidupan sehari-hari di lingkup sekolah. Lingkungan sekolah baik guru, teman sekolah dan pegawai di sekolah tersebut memberi lingkungan yang sama pada mereka. Hanya pada saat-saat tertentu perhatian perlu dilebihkan. Misalnya pada kegiatan olahraga, anak dengan fisik yang "special" tidak terlalu dituntut untuk menguasai secara maksimal. Keaktifan mereka dalam kegiatan sudah menjadi penilaian bagi mereka.

Berdasarkan pengamatan terhadap anak-anak dengan kebutuhan khusus ini, mereka nampak enjoy dan percaya diri ketika orang lain menganggap mereka sama dengan yang lain. Mereka tidak dibedakan dalam berbagai kegiatan. Mereka mengikuti semua kegiatan yang ada di sekolah.Jadi respon orang lain terhadap mereka baik berupa sikap, ucapan maupun tindakan sangat berpengaruh terhadap mereka. Pada umumnya mereka lebih sensitif terhadap orang lain. Tetapi jika mereka merasa diterima dan disamakan dengan yang lain, mereka menjadi siswa yang ceria dan menikmati kegiatan belajar di sekolah. Sekolah menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk mereka berkembang.

Mari menjadi sahabat untuk anak-anak yang "special" dan berkebutuhan khusus untuk mereka menjadi berkembang secara maksimal.

No comments:

Post a Comment

Khotmil Qur'an di Peringatan Nuzulul Quran Matsabangga

Purbalingga, Kamis 28 Maret 2024_Dalam rangkaian kegiatan Peringatan Nuzulul Qur'an MTs Negeri 1 Purbalingga menyelenggarakan KHOTMIL QU...