Jakarta – Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI akan melaksanakan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah (AKK), Asesmen Kompetesi Pengawas (AKP). Kegiatan yang dijadwalkan pada tanggal 19 s.d 23 November 2020 ini dilakukan dalam rangka pemetaan kompetensi dan pengembangan karier, yang merupakan bagian dari manajemen karir pegawai dengan menerapkan prinsip Merit System yang dilakukan melalui mutasi, promosi dan penugasan khusus serta pengembangan keprofesian berkelanjutan.
Dalam pelaksanaan AKG, AKK dan AKP saat ini, peserta yang mengikuti kegiatan terdiri atas :
1. Guru Madrasah Ibtidaiyah;
2. Guru Madrasah Tsanawiyah yang mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA Terpadu, Bimbingan Konseling;
3. Guru Madrasah Aliyah yang mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Bimbingan Konseling;
4. Kepala Madrasah (termasuk kepala RA);
5. Pengawas sekolah pada Madrasah.
RESUME HASIL RAPAT KOORDINASI AKG, AKP dan AKK :
1. Peserta AKG wajib mencetak Surat Keterangan Peserta Ujian AKG dari akun individu di SIMPATIKA dibawa saat ujian di lokasi yang telah ditentukanPeserta AKG wajib mencetak Surat Keterangan Peserta Ujian AKG dari akun individu di SIMPATIKA dibawa saat ujian di lokasi yang telah ditentukan
2. cetak surat pengantar berisi tanggal dan jam pelaksanaan AKG untuk dibawa ke lokasi TAKG
3. tanggal 16-17 Nov distribusi VDI
4. 16-18 Sinkronisasi Data
5. langkah sinkronisas harus berurutan
6. Server apabila mati listrik masih aman, asal waktu pelaksanaannya jangan di berhentikan dan masih dalam rentan waktu pelaksanaan AKG
7. melakukan koordinasi dengan PLN
8. melakukan Koordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19
9. waktu pelaksanaan kamis dan sabtu
1. Sesi 1 pukul 08.00-10.00
2. sesi 2 pukul 11.00-13.00
3. sesi 3 pukul 14.00-16.00
10. waktu pelaksanaan Jum'at
1. sesi 1 : 08:00 - 10:00
2. sesi 2 : 13:00 - 15:00
3. sesi 3 : 16:00 - 18:00
11. pengisian dan penandatangan Berita Acara di isi oleh Penanggung Jawab TAK
12. laporan Berita Acara dapat di unduh dari vdi
13. tempat pelakasanaan TAK wajib menyediakan Alat cuci tangan, pengukur suhu
14. Selama pelaksanaan AKG, AKK dan AKP semua pesrta wajib memakai masker
15. Apabila ada peserta memiliki suhu diatas 38 derajat maka tidak diperkenankan masuk
16. lokasi pelaksanaan diharapkan menyimpan alat pengukur waktu (jam)
17. selama pelaksanaan Assesmen peserta tidak diperkenan membawa buku dan Handphone
18. TAK di wajibkan sinkronisasi data sehari sebelum pelaksanaan
Alhamdulillah saya mendapat giliran ke 3 jadwal tanggal 19 November 2020 sesi 3. Luar biasa karena kebetulan pas WFO (work from office). Jadi harus berangkat dari pagi dan pulang sore karena sesi 3 berlangsung jam 14.00 -16.00. Paling tidak bisa belajar dan membaca materi yang mungkin keluar pada AKG.
Berada di sekolah dari pagi juga jadi bisa melihat bagaimana persiapan dan sikap kita terhadap AKG, AKK dan AKP ini. Ada yang biasa saja. Ada yang nervous bolak-balik ke belakang dan sebagainya. Lucu juga ya reaksinya. Tetapi manusiawi sedikit agak tertekan kalau ketemu dengan kata assessment atau penilaian atau ujian. Tidak ada persiapan khusus hanya karena belum menghadapi langsung jadi isinya di kepala seperti apa soal yang akan keluar? Sama dengan pas latihan atau tidak, dan seterusnya.
Ternyata setelah menghadapi langsung tidak senervous dan sesulit yang dibayangkan dan dilatih. Soal meliputi materi paedagogik tapi terkait dengan mapel, materi mapel kita sendiri dan beberapa soal tentang PTK. Mudah-mudahan hasilnya memuaskan, mendapat nilai di atas 70 sudah bagus. Nilai belumterlihat. Informasinya nilai akan muncul di laman simpatika masing-masing PTK. Kita tunggu saja. Semoga sesuai harapan. Paling tidak masuk katagori guru terampil meskpun belum guru mahir.
No comments:
Post a Comment